Sneaker keluaran Balenciaga adalah salah satu yang paling hype dan digilai saat ini lantaran mengusung konsep dad shoes. (Foto Instagram)
Sneaker keluaran Balenciaga adalah salah satu yang paling hype dan digilai saat ini lantaran mengusung konsep Dad Shoes. (Foto Instagram)

Sabigaju.com – Tak dapat dipungkiri kalau kini para pecinta sneakers sedang menghadapi era Dad Shoes alias sepatu sneaker milik ayah kini kembali digandrungi dan tren tersebut diprediksi akan bertahan lama.

Sneaker dengan tampilan bentuknya yang besar dan sol yang terkesan tebal saat dipakai! Tak semua orang cocok atau menyukainya, tapi mode memang seringkali tidak masuk akal.

Sneakers keluaran rumah mode seperti Balenciaga Triple S, Gucci Rhyton Sneaker, Zara Triple Z, hingga brand populer seperti Nike Air Monarch, adidas Yeezy Boost 700 Waverunner, Puma Thunder Spectra, hingga Fila Disruptor II, dan Skechers Energy Afterburn dicari penggila sneakers.

Ya, sneaker Dad Shoes ini kembali hype alias naik daun.

Milenial Populerkan Dad Shoes

Sejak 2017 lalu, Dad Shoes kembali booming dan menjadi salah satu barang paling diburu, termasuk oleh para pesohor. Uniknya, walau desainnya mengingatkan kita pada sneakers orangtua kita saat mereka muda, namun jenis ini justru dipopulerkan kembali oleh anak-anak muda.

Bisa dibilang, memakai sepatu ini pada dua dekade dulu mungkin dianggap konyol karena sama sekali tidak keren. Kini Dad Shoes adalah antitesis dari slick dan technical shoes yang mendominasi dunia sneaker untuk waktu yang lama. Walaupun bentuknya kurang menarik, sepatu ini hanyalah bagian dari tren terkini.

BACA JUGA: Nih Sepatu Ajaib buat Kamu yang Doyan Gonta-Ganti Sepatu

View this post on Instagram

I've fallen in love with you Hangzhou💚

A post shared by 🦋 (@bellahadid) on

Sebut saja para model papan atas seperti Bella Hadid, Kendal Jenner, Kaia Gerber, Kim Kardashian hingga Hailey Baldwin tak canggung mengenakan sepatu dengan tipe bersol tebal tersebut.

Menurut CEO Adidas Kasper Rorsted bahkan mengungkapkan, milenial berperan penting terhadap tren sneakers saat ini.

“Tren terbaru sneakers yang kalian lihat saat ini adalah replika atau pembaharuan dari model yang sudah ada di tahun 90-an,” ujar Rorsted.

“Dad Shoes kini jamak ditemui bukan tipikal yang disukai semua orang, tapi itu merupakan ‘rasa’ baru,” ungkap Rorsted, dilansir dari Footwearnews.

Ini Yang membuat Era Dad Shoes kembali Menjadi Tren

Lantas, apa yang melatari era Dad Shoes kini kembali memiliki tempat teratas bagi para fashion enthusiast?

Menurut seorang pakar sepatu, Elizabeth Semmelhack, kenaikan tren Dad Shoes dimulai dari rilis ulang Adidas Stan Smith pada tahun 2014.

View this post on Instagram

Seeing clearly. Photo: @aude_julie

A post shared by HYPEBAE (@hypebae) on

“Jujur saja, apa kelebihan dari Dad Shoes dibanding Stan Smith? Maksud saya, ayah saya (juga) memakainya,” ungkap Semmelhack yang juga seorang sejarawan sepatu dan kurator senior dari Toronto’s Bata Shoe Museum kepada Cosmopolitan belum lama ini.

Semmelhack menambahkan, meski Dad Shoes hidup kembali dalam mode, namun tak semua orang mau menggunakan sneaker ini dan mengekspresikan di media sosial. Bagi mereka, tren tersebut muncul karena desainer di balik label Dad Shoes tersebut adalah nama besar, seperti Balenciaga hingga Kanye West. (Sbg/Rig)

Comments