ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan jika ingin berwisata di era new normal
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Begitu  banyak orang yang sudah merencanakan untuk  berwisata di era new normal yang sudah di depan mata. Setelah hampir tiga bulan menjalani masa karantina mandiri,

Kamu sendiri apakah juga akan berwisata di era new normal untuk meleps kepenatan bosan tidak melakukan aktifitas di luar rumah.

Nah, ada beberapa faktor yang harus kamu pertimbangkan dan perhatikan sebelum memutuskan untuk bewisata di era new normal ini

Apakah Sudah Aman?

Sebagai informasi, saat ini Swiss dinilai menjadi negara teraman di dunia dari Covid-19. Sementara Sudan Selatan menjadi negara yang paling berbahaya, berdasarkan laporan Deep Knowledge Group.

Dalam laporan tersebut  Indonesia tercatat di peringkat 97 dari 100 negara teraman di dunia dari Covid-19

Laporan ini disusun berdasarkan 130 parameter kuantitatif juga kualitatif dan lebih dari 11.400 titik data dalam berbagai kategori seperti efektivitas karantina, pengawasan dan deteksi, kesiapan medis, juga efektivitas pemerintahan.

Hal yang menarik, di sana terdapat perubahan peringkat yang signifikan selama beberapa bulan pandemi. Pada awalnya, negara-negara yang bereaksi cepat terhadap krisis dan memiliki persiapan penanganan yang ketat menempati peringkat tertinggi.

Namun saat ini, negara-negara dengan ketahanan ekonomi yang kuat lah yang menempati peringkat atas.

BACA JUGA: Negara Finlandia Gelar Kursus Tetap Hepi Saat Pandemi

Adanya Risiko Besar

Risiko besar memang bisa saja mengintai mengingat pandemic ini masih saja menghantui. Begitu ada imported case dan berdampak kesehatan, citra buruk pariwisata bisa saja melekat dan akan sulit untuk memperbaikinya lagi.

Untuk itu, protokol kesehatan yang ketat tentu akan diterapkan. Untuk diri sendiri, kamu dapat memastikan telah menjaga diri dengan mengenakan masker yang ketat dan tertutup, mempersiapkan hand sanitizer serta senantiasa membawa tisu.

Pengawasan yang ketat tentu akan dilakukan agar betul-betul standar protocol kesehatan dilakukan di lapangan.

BACA JUGA: Wabah Corona Ubah Kebiasaan Masyarakat dan Gaya Hidup 

Jangan Ngotot Ke Tempat yang Ramai

Untuk mencegah terinfeksi corona, ada baiknya untuk menghindari kerumuman. Ada baiknya kamu merencanakan berwisata di era new normal ini untuk mengunjungi  tempat yang jarang dikunjungi agar tidak berdesak-desakan dengan wisatawan lainnya.

Pastikan rencana perjalananmu fleksibel sehingga kamu dapat menyesuaikan dengan kondisi terkini destinasi wisatamu.

Berlibur di Alam

Salah satu jenis tempat yang memungkinkan untuk dikunjungi adalah berlibur di alam. Hal ini karena berlibur di alam dapat memberikan keleluasaan pada pengunjung untuk menjaga jarak fisik dengan wisatawan lain.

Pada awalnya, barangkali kamu akan memilih untuk berwisata di tempat yang tidak jauh dari rumahmu. Pilihan lain yang menjadi pertimbangan adalah staycation.

Staycation atau liburan di dalam suatu tempat seperti villa atau hotel bisa kamu lakukan bersama keluarga inti atau pasangan.

Kamu bisa melakukan aktivitas rekreasi di dalam villa atau hotel bersama keluarga maupun pasangan. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari kontak fisik dengan orang lain.

Staycation memungkinkanmu untuk tetap berlibur dengan santai dan menjaga privasi.

BACA JUGA: Pandemi COVID-19, Waktunya Buat Jalan-jalan Virtual

Road Trip

Pilihan lain berwisata di masa New Normal adalah dengan road trip menggunakan mobil pribadi. Menggunakan kendaraan umum dirasa masih sangat berisiko, sehingga menggunakan kendaraan pribadi nantinya akan dijadikan sebagai solusi.

Berkendara untuk berlibur bersama keluarga tentu akan dianggap lebih nyaman. Beberapa hal menyenangkan yang menjadi nilai tambah untuk road trip adalah kamu dapat berhenti dimana saja untuk beristirahat, serta dapat mengeksplor tempat baru dan mencoba kuliner lokal. (Sbg/Vania)

Comments