Sabigaju.com – Banyak yang bilang, tidurlah delapan jam per hari. Mayoritas dokter memberikan pesan demikian, lantaran sudah teruji klinis bahwa tidur delapan jam sehari bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.

Bahkan, seperti dilansir dari laman Boldsky, tidur delapan jam sehari dapat membantu mencegah stroke, penyakit jantung serta menjaga keseimbangan badan.

Manfaat lainnya, yakni dapat meremajakan tubuh. Hal tersebut lantaran, menurut hasil penelitian, tubuh manusia itu akan memperbaiki diri saat beristirahat.

Selain itu, manfaat tidur delapan jam satu hari juga disinyalir bisa memungkinkan hidup Anda menjadi lebih lama dan tentu saja menjaga berat badan.

Mungkin jika dibandingkan dengan orang yang suka begadang dengan pola tidur yang tidak cukup, akan membuat Anda lebih banyak ngemil.

Hormon leptin sangat berperan untuk menjaga berat badan karena hormon ini akan menjaga rasa lapar Anda terjaga dengan normal. Namun jika kadar hormon ini berkurang, rasa lapar pun mendera terus menerus.

Selain itu, kesehatan psikologi juga akan semakin terjaga, jika tidur delapan jam, yakni mengurangi stres. Dilansir dari laman Blodsky beberapa waktu lalu menyebutkan, hasil penelitian, bagi perempuan, tidur delapan jam per hari dapat mencegah kanker payudara.

Nah sudah tahu kan alasannya kenapa harus tidur delapan jam sehari? Namun ada lagi yang lebih penting nih, jangan lupa berdoa sebelum tidur. Juga ingat apa yang dikatakan Bang Rhoma: Begadang jangan begadang.. kalau tiada artinyaaa… (sbg/ted)

Comments