Ilvie Rahmi. (Foto: Istimewa)

Sabigaju.com – Budaya merawat diri memang menjadi salah satu kebiasaan yang dilakukan oleh kaum hawa. Namun, kini tradisi itu sudah bergeser. Para lelaki yang biasanya selalu tampil cuek dan apa adanya, kini banyak yang memilih untuk lebih rapi dan terawat.

Fenomena ini terbilang unik. Pasalnya, budaya ini terkesan feminim dimata para lelaki. Namun, pergeseran itu dianggap positif oleh Ilvie Rahmi. Sosok ibu muda berusia 29 tahun ini berpendapat kalau grooming yang dilakukan kaum adam pada saat ini malah membuat para wanita nyaman.

“Lelaki yang memperhatikan penampilannya sudah pasti menyenangkan dalam arti enak dilihat, dan membuat orang di sekitarnya nyaman. Hal tersebut sudah pasti sangat penting bagi mobilitas sosial yang tinggi di masa kini,” ujar Ilvie yang ditemui di sela-sela kesibukannya, Kamis (12/4) siang.

Laki-Laki Zaman Sekarang Punya Lebih Banyak Tools untuk Grooming

Wanita jebolan Institut Kesenian Jakarta ini menambahkan, “sebenarnya setiap zaman pun pasti selalu ada lelaki yang melalukan grooming, namun bedanya ada pada penambahan objek atau jenis perawatan dari zaman ke zaman. Kalau zaman dulu mungkin hanya sebatas potongan rambut, kumis, jenggot, dan parfum. Zaman sekarang makin banyak hal yang bisa dimainkan, seperti perawatan kulit wajah dan tubuh, rangkaian produk grooming, perawatan gigi, berbagai macam gaya rambut, parfum, dan sebagainya.”

Kemajuan Teknologi Berperan dalam Perubahan Lelaki Masa Kini

Aspek perkembangan teknologi dianggap Ilvie sebagai kunci makin besarnya arus lelaki yang ingin tampil lebih menawan. Fenomena tersebut dianggap wanita yang telah memiliki satu anak ini sebagai sebuah tren yang kini dilakukan banyak lelaki.

“Mungkin kemajuan teknologi juga yang memberikan pengaruh cukup besar. Semakin canggihnya alat-alat di klinik kecantikan, semakin banyaknya ikon selebriti yang kini bisa kita bebas ikuti gaya dan penampilannya di berbagai media sosial. Semakin banyak orang yang kini lebih leluasa untuk mengekspresikan diri mereka lewat selfie,” lanjutnya.

“Hal-hal tersebut secara tidak sadar dapat menciptakan tren atau standar yang selalu baru. Akhirnya standar tersebut juga sampai ke kaum lelaki: “Keren nih gaya rambut pake pomade gini.” atau “Brewokan David Beckham oke juga kayaknya.” atau “Si anu habis pasang kawat gigi dan veneers ya. Makin ganteng lho”. Selain untuk kepuasan diri sendiri, tentunya lelaki juga melakukan grooming untuk menarik perhatian kaum wanita yang memiliki standar “ganteng” sesuai zaman.

Tidak Ada yang Salah dengan Lelaki yang Merawat Diri

Ilvie menegaskan kalau lelaki memang harus merawat diri. Menurutnya, lelaki yang tampil rapi adalah magnet bagi para wanita.

“Tidak perlu terjebak dengan anggapan bahwa lelaki yang melakukan perawatan itu tidak macho atau “nggak laki banget”. Faktanya: Lelaki yang berwajah ganteng atau macho banget sekali pun tetap akan bikin ilfeel kalo dia bau, jorok, dan dekil. Nggak ada yang salah kok dari lelaki yang telaten merawat diri. Penampilan yang baik, bersih, dan menarik itu bisa menjadi semacam “lucky charms” lho,” pungkasnya.

Mau bertanya lebih banyak mengenai grooming lelaki atau bagaimana supaya pasangan kamu tampil lebih mengesankan, Sob? Saksikan Ilvie di episode #TipsOm2, Kamis (12/4) malam ini hanya di @sabistriming. Jangan lupa juga buat kamu yang mau tanya-tanya ke Ilvie bisa follow akun Twitter atau Instagram-nya @miss7sins. (sbg/Nico)

Comments