Idul Fitri 1447 H
Ilustrasi: Sigit Sulistyo/ Sabigaju.com

Sabigaju.com – Perayaan Idul Fitri tahun ini tidak seperti tahun-tahun sebelumnya dan harus dilewati ditengah pandemi virus corona yang mengharuskan kita melakukan segala aktivitas dari rumah.

Imbauan Pembatasan Sosial berskala Besar (PSBB) dan physical distancing wajib dipatuhi untuk memutus rantai penyebaran virus corona.

Meski selama ini ini kita puya kebiasaan untuk merayakan Idul Fitri dengan meriah bersama keluarga dan kerabat di kampung halaman harus tertunda. Namun, merayan Idul Fitri dalam masa pandemi ini tidak menghilangkan kultur yang sudah berjalan bertahun-tahun. Kita, tetap bisa merayakannya dengan cara yang berbeda

Kita percaya dibalik ujianpandemi global ini pasti ada hikmah, dibalik kesulitan pasti ada kemudahan, dibalik setiap permasalahan pasti ada jalan keluar.

BACA JUGA: Kesabaran itu Tidak Ada Batasnya, Tak Terhingga Manfaatnya 

Tetap Bertakwa ditengah Pandemi

Merayakan Idul Fitri di tengah pandemi justru menjadi momentum bagi umat Islam untuk menunjukkan karakter ketakwaan yang sesungguhnya.

Karakter ketakwaan yang muncul dalam bentuk kesaleihan sosial yang merupakan ekspresi dari kepatuhan menjalankan ajaran Allah tentang kasih sayang, empati, dan kepedulian kepada sesama umat manusia sehingga Islam dan umat Islam menjadi rahmat bagi semesta.

Wabah ini harus menjadikan kita sebagai pribadi muslim menjalani hidup sesuai nilai dan etika sosial yang diajarkan agama.

BACA JUGA: Yang Bisa kamu Lakukan saat Tidak Mudik Lebaran

Saling menolong, gotong royong, silaturahim—dalam arti mengenal lebih dekat kesulitan saudara-saudara kita, serta saling menguatkan dan memberi dukungan. Inilah momentum untuk menghadirkan manfaat dan keberkahan bagi masyarakat, bangsa, dan negara.

Wabah ini menggugah  kesadaran kita untuk saling  mengukuhkan kebersamaan serta memperkuat persatuan dan kesatuan untuk menyelesaikan masalah-masalah kemanusiaan.

Dalam keterbatasan gerak sosial akibat kebijakan physical distancing, kita justru semakin dekat dalam perasaan senasib dan sepenanggungan. Tumbuh kesadaran dalam diri untuk patuh dan taat aturan karena kita butuh untuk saling menjaga agar tidak tertular atau menularkan virus Covid-19.

BACA JUGA:  Cara Santun Menolak Kunjungan Kerabat di Hari Lebaran

Terus Menebar Kebaikan

Manusia bertakwa akan selalu menebar kebaikan kepada sesama dalam kondisi lapang dan sempit. Ruang memaafkannya luas.

Mampu menahan kebencian dan berbuat baik kepada yang telah zalim kepada kita sekalipun. Dan ini merupakan energi hebat untuk melahirkan masyarakat yang saling percaya dan penuh cinta.

Kami segenap tim Sabigaju.com mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1447 H. Idun Mubarak Taqqobbalallahu minna wa minkum Minal Aaidin Wal Faizin mohon maaf lahir dan batin. (Sbg/Rig)

Comments