ibu modern

Sabigaju.com – Sejak dulu hingga sekarang, peran Ibu sangat vital dalam tumbuh kembang anak. Apalagi di tengah zaman yang serba modern dan cepat seperti ini. Ibu dituntut untuk memiliki kemampuan multitasking agar bisa memenuhi segala tanggung jawabnya.

Baik Ibu rumah tangga maupun seorang working mom, Ibu modern memiliki segudang tuntutan. Tapi kali ini, kita bahas beberapa tuntutan seorang working mom yang harus membagi waktu antara bekerja dan mengurus anak serta suami. Yuk, simak sampai akhir!

1. Sulitnya memilih mana yang lebih baik; mengandalkan daycare atau menitipkan anak pada orang tua dan baby sitter

Poin yang satu ini tidak jarang membuat Ibu pusing karena harus menentukan pilihan yang terlihat simple, tetapi kenyataannya sulit. Memilih siapa yang merawat sang anak saat Ibu bekerja bukanlah persoalan yang mudah.

Pastinya Anda yang menjalani profesi working mom sangat memahami hal tersebut. Sesungguhnya mana yang lebih baik antara mengandalkan daycare, bantuan orang tua, atau baby sitter kembali kepada kondisi Ibu dan Ayah.

2. Quality beyond quantity

Dalam hal waktu, working mom pastinya tidak memiliki waktu sebanyak Ibu rumah tangga untuk merawat dan menunjukkan kasih sayang kepada sang anak. Namun, Anda tidak perlu bersedih. Terapkan prinsip quality beyond quantity agar waktu Anda bersama sang anak benar-benar berkualitas.

Banyak bukti Ibu modern yang bekerja bisa membesarkan anaknya menjadi sosok yang cerdas serta sehat. Jadi, tidak perlu berkecil hati bila Anda harus menghabiskan waktu 8 jam di luar rumah. Selama Anda bisa memanfaatkan dua hingga tiga jam sehari dan waktu weekend Anda bersama buah hati dengan fokus, pastinya Anda akan memiliki waktu yang benar-benar berkualitas.

Dan, bukan tidak mungkin Anda mendidik mereka sama baiknya dengan Ibu lain yang memiliki waktu lebih bersama sang anak.

3. Tidak boleh malas membaca dan update informasi

Zaman Anda dibesarkan tentu berbeda dengan zaman saat ini. Tuntutan dalam menjalankan peran sebagai Ibu pun pastinya berbeda. Di zaman serba modern dan cepat ini, Anda tidak punya waktu lagi untuk bermalas-malasan.

Update informasi seperti dengan membaca adalah salah satu cara yang wajib Anda lakukan. Perubahan zaman yang cepat menuntut Anda untuk lebih well adapted dan bisa membimbing anak ke arah yang baik. Buat Ibu yang bekerja, the struggle is real, but it is worth it!

4. Bekerja itu terapi

Beberapa wanita memang terlahir untuk menjadi seorang working mom. Saat tidak bekerja, mereka justru merasa pusing dan merawat anak pun kurang fokus atau kurang bahagia. Sebagian dari Anda mungkin mengerutkan kening sambil bertanya, “Apa ada Ibu seperti itu?” Jawabannya, tentu saja ada dan itu bukan hal yang salah.

Maka dari itu, bekerja bisa menjadi terapi bagi wanita dengan karakter tersebut. Ibu akan merasa aktif dan saat pulang pun tetap semangat karena energi mereka justru terisi saat bekerja. Bertemu anak sepulang kerja bisa menjadi momen yang sangat menyenangkan.

5. Menentukan meal plan harian

Untuk Anda yang concern pada kesehatan keluarga, pastinya membuat meal plan harian adalah keharusan. Namun karena kesibukan kerja dan juga tugas lainnya, Anda harus lebih kreatif dalam menentukan menu apa yang praktis dan sehat. Apalagi bila Ibu memilih anak tinggal bersama nenek selama Anda bekerja.

Menyiapkan menu makan sehari-hari untuk anak sebelum Anda berangkat bekerja adalah rutinitas yang tidak boleh dilewatkan. Kecuali urusan makan ini sudah ditangani oleh asisten rumah tangga atau orang tua Anda menawarkan diri untuk membantu menangani hal ini.

Itulah beberapa hal yang menjadi tuntutan bagi Ibu modern di zaman ini. Kalau Anda memiliki poin lain yang belum ada di atas, yuk share di kolom komentar! (Sbg/Er)

Comments