Tidur Lelap
(Foto: sleep.ihg.com)

Sabigaju.com -Saat hujan turun sebagian orang dilanda rasa malas. Malas keluar rumah dan beraktivitas. Bahkan saat sudah sampai di tempat aktivitas, rasanya hanya ingin tidur lelap saja.

Yup, saat musim hujan tiba seperti saat ini, tentunya sebagian orang mungkin mengeluhkan kondisi seperti hambatan aktivitas di luar ruangan, berisiko kebasahan dalam perjalanan, belum lagi harus melewati kemacetan sehabis hujan hingga banjir.

Namun hujan tak selalu hambatan. Sebab turunnya hujan bisa memberikan dampak baik. Yup, banyak orang merasa senang bila hujan turun lantaran hal itu bisa membuat mereka menikmati tidur lelap.

Selain waktu tidur yang cukup akan membuat Anda lebih berkualitas. Ternyata lebih cepat lelap juga membantu seseorang untuk produktif esok harinya.

Apa sebenarnya yang membuat orang mengantuk dan ingin tidur lelap saat hujan turun?

Rupanya ada alasan ilmiah mengapa kamu cepat mengantuk dan rasanya ingin tidur lelap  saat hujan melanda.

BACA JUGA: Seks Saat Hujan Turun, Antara Psikologis dan Biologis

Alasan Ilmiah  Hujan Bikin Orang Tidur Lelap

Menurut Michelle Drerup, Director of Behavioral Sleep Medicine at the Cleveland Clinic, sedikitnya sinar matahari yang membuat sebagian orang merasa terus mengantuk dan ingin tidur saat hujan turun.

“Ketika terpapar sinar matahari, kelenjar pineal melepaskan sedikit melatonin, hal itulah yang membuat terjaga, Sementara, saat hujan hanya ada sedikit cahaya matahari, yang membuat hormon melatonin yang membuat mengantuk meningkat” kata Drerup.

Lalu, sinar matahari juga meningkatkan serotonin yakni hormon yang membuat bahagia. Itu sebabnya kamu cenderung mengantuk dan ingin langsung tidur lelap  saat hujan turun.

Kelembapan Udara Kuncinya

Faktor lain yang menyebabkan seseorang cenderung lebih mengantuk saat hujan turun seharian adalah kelembapan udara.

“Kelembapan yang tinggi bisa melelahkan tubuh karena secara fisik, tubuh berjuang agar menjaga tubuh dari dingin,” kata Drerup.

BACA JUGA: Jangan Malas Gaes! Tetap Aktif Berolahraga di Musim Hujan

Namun, kamu tetap bisa kok bersemangat saat hujan melanda. Caranya dengan banyak bergerak.

“Peningkatan aktivitas fisik juga meningkatkan energi. Hal ini baik untuk tubuh dan pikiran,” ungkap Drerup.

Intinya, lelapnya tidur saat hujan turun terkait erat dengan kenyamanan. Ingat bahwa tidur nyenyak yang sehat dan nyaman dilakukan dalam kondisi ruangan gelap ditambah suhu udara yang sejuk.

kamu sendiri, mudah ngantuk dan ingin cepat tidur lelap nggak sih gaes saat musim seperti ini? (Sbg/Rig)

Comments