Sabigaju.com – Hubungan antara laki-laki dan perempuan merupakan hubungan yang seharusnya membuat hati tenang dan saling melengkapi.

Lalu, seperti apa sih hubungan yang dewasa itu?

Hubungan yang Dewasa

1. Menyadari 
Kesadaran diri ini adalah langkah pertama kali yang harus kamu ketahui. Dengan memiliki kesadaran diri, kita tau di mana posisi kita, tau apa yang dibutuhkan, dan bagaimana harus bersikap. Dari kesadaran ini kita tau sejauh mana mengetahui identifikasi kemampuan, kelebihan serta kekurangan diri kita yang perlu kita perbaiki ataupun kita teruskan.

2. Menerima diri sendiri (Self Acceptance)
Setelah kamu bisa menyadari, ini adalah tahap dimana kamu harus bisa melakukan penerimaan terhadap segala kekurangan-kekurangan dari dirimu yang harus diterima dan tidak bisa disangkal.

Maksud dari Acceptance ini adalah sebagai bibit bagi pendewasaan diri agar kamu mempunyai pengertian yang mendalam terhadap bagaimana kamu menerima dan mencintai dirimu sendiri sebelum mencintai orang lain.

3. Menerima Kekurangan Pasangan Kamu 
Menerima kekurangan pasangan adalah pelajaran yang tak kunjung usai dalam sebuah hubungan. Sebelumnya kamu harus menyadari bahwa dia pasti memiliki kekurangan. Tapi, daripada menghitung kekurangannya, bukankah lebih mudah untuk mengingat bagaimana dia telah membuatmu bahagia?

4. Hadapi masalah bersama-sama 
Setelah sudah banyak menerima, cobalah kamu mulai memberikan kepercayaan dan keterbukaan kepada pasangan kamu sebagai landasan hubungan agar dapat lebih kompak dan solid bersama-sama.

Kegagalan, kesedihan, kekecewaan, atau masalah jangan disimpan sendiri. Cobalah untuk mebicarakannya bersama pasangan. Dalam menghadapi masa sulit, berdua akan lebih baik dari sendirian, kan?

5. Memberi dengan Tulus
Agar pasangan bisa mendapatkan hubungan yang dewasa, kamu harus mulai membarikan yang terbaik untuknya dengan tulus.

Jangan memulai atau menjalankan hubungan dengan seseorang karena berharap orang itu bisa memberikan apa yang kamu dambakan. Hubungan yang dewasa adalah yang bisa memberikan yang terbaik untuk pasangan.

Pelajaran

Jika kamu sudah siap mendampingi pasangan dalam segala hal, itu berarti kalian sudah siap memulai hubungan yang dewasa.

Pada akhirnya, keberhasilan sebuah hubungan akan ditentukan oleh bagaimana tingkat pemahaman dan kebijaksanaan kita terhadap diri sendiri dan pasangan kita.

Penerimaan terhadap diri dan pasangan akan menjadi kunci utama untuk menentukan kualitas hubungan. Namun, hal ini tentu harus dilakukan dengan mutual dengan pengertian satu sama lain. (Sbg/Ary)

Comments