Ngajak Bercinta
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Sejumlah pakar menyatakan melakukan hubungan seks yang aman alias safe sex justru disarankan di tengah pandemi COVID-19  dan social distancing. Sebab, bukan tak mungkin berdiam di rumah bisa menimbulkan kecemasan dan kebosanan yang buruk untuk kesehatan mental.

Seksolog Mehmet Oz justru merekomendasikan untuk melakukan hubungan seksual saat isolasi karena dinilai dapat mengurangi depresi.

“Solusi terbaik, jika kamu diisolasi di rumah adalah berhubungan seks. Kamu akan hidup lebih lama dan meredakan stres,” kata Oz

Sejauh ini tidak ada bukti bahwa virus COVID-19 menular lewat hubungan seks. Namun kondisi yang menyertai hubungan seks seperti kontak dekat dan berciuman tak bisa dipungkiri bisa meningkatkan risiko.

BACA JUGA: Seks Bantu Tingkatkan Imunitas Tubuh Saat Pandemi Corona

Opsi Masturbasi

Departemen kesehatan kota New York City sampai harus mengeluarkan panduan khusus soal ini. Anjuran pertama adalah tentang masturbasi, karena partner seks paling aman menurut panduan tersebut adalah diri sendiri.

“Masturbasi tidak akan menyebarkan COVID-19, terlebih jika kalian mencuci tangan dengan sabun dan air selama minimal 20 detik sebelum dan sehabis bercinta,” demikian tercantum dalam sebuah dokumen yang belakangan telah dihapus.

Anjuran berikutnya adalah untuk tidak berhubungan seks dengan orang lain di luar lingkaran dekat. Menghindari kontak dekat dengan orang lain di luar lingkaran disebut bisa membantu mencegah persebaran COVID-19.

“Partner paling aman berikutnya adalah orang yang tinggal dengan Anda,” tegas panduan tersebut.

“Panduan kami akan diperbaharui secara rutin,” kata seorang juru bicara departemen kesehatan New York City.

BACA JUGA: Virus Corona Bikin Urusan Ciuman Jadi Pelik 

Soal Berpelukan dan Berciuman

Saat berhubungan seks, maka seseorang akan berada dalam jarak yang sangat dekat dan kemungkinan untuk terkena droplet akan lebih besar. Selain itu, berhubungan seksual juga berarti melakukan hubungan yang intim seperti berciuman.

Menurut pakar kesehatan seks, Rodriguez-Diaz,dari George Washington University hubungan seksual tidak menularkan virus corona. Kemungkinan tertular virus saat berhubungan seks bisa terjadi saat terkena air liur seperti berciuman.

Selain itu, jika kamu terbiasa untuk menghabiskan malam bersama pasangan dengan berpelukan mungkin bisa berisiko menular.

BACA JUGA: Corona Merajalela, Peluk dan Cium Nggak Recommended

Namun cara aman untuk tetap melakukannya adalah memastikan kondisi kamu dengan pasangan sama-sama higienis, jadi kamu tetap bisa menghabiskan momen bersama pasangan lebih intim.

“Ini bukan saatnya untuk berhenti berpelukan,” kata Rodriguez-Diaz.

Bahkan menurutnya, berpelukan bisa menghilangkan stres atau cemas berlebih akan ketakutan virus corona.

Intinya, jaga kondisimu dan pasangan untuk selalu bersih. Rutin cuci tangan agar pencegahan bisa maksimal, dan tidak mengganggu momen intim bersama. (Sbg/Rig)

Comments