Sabigaju.com – Momen gajian adalah momen yang ditunggu-tunggu oleh hampir semua orang yang bekerja.

Tapi, tahukah kamu bahwa sebaiknya kamu juga harus pintar mengelola uangmu agar selamat dari pemborosan?

Mari simak bagaimana cara orang Jepang menyelamatkan uangnya agar tidak boros berikut ini atau yang biasa disebut juga dengan Kakeibo.

Kakeibo, Jurnal Sederhana yang Membuatmu Hemat

Kakeibo merupakan konsep penataan keuangan yang sudah ada sejak lama sekitar lebih dari puluhan atau ratusan tahun lalu.

Konsep ini kemudian kembali populer setelah diterjemahkan dalam bahasa Inggris oleh Fumiko Chiba.

Kakeibo memiliki konsep yang sederhana, setiap bulan kamu harus duduk dengan sebuah jurnal bulanan yang bertujuan untuk membuat kamu fokus pada penghematan yang kamu lakukan usai gajian.

Di dalam buku Kakeibo, kamu dapat merencanakan jumlah uang yang akan kamu habiskan serta kamu tabung dalam sebulan ke depan. Jika kegiatan ini kamu lakukan dengan patuh, maka kondisi keuanganmu pun dapat menjadi aman terkendali.

Pertanyaan dan Pilar Kakeibo

Setiap tahunnya, kamu harus menjawab pertanyaan sebagai berikut:

  1. Berapakah uang yang kamu miliki?
  2. Berapakah jumlah uang yang akan kamu tabung?
  3. Berapakah banyak uang yang sebenarnya kamu belanjakan?
  4. Apakah yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kondisi keuanganmu?

Setelah menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, kamu harus membagi uang yang kamu miliki dalam empat pilar.

Empat pilar tersebut adalah: bertahan hidup/kebutuhan pokok (biaya kost atau sewa rumah, keperluan medis, transportasi dan makan), opsional (makan di luar, belanja baju baru dan lain-lain), hiburan (membeli buku, nonton) dan pengeluaran tidak terduga (memperbaiki barang rusak, membeli hadiah dan lain-lain).

Mekanisme Kakeibo

Setelah kamu menentukan budgeting dengan pasti, kamu harus memisahkan uang yang kamu miliki dalam empat amplop berbeda.

Kemudian, berilah label pada setiap amplop tersebut. Uang hanya boleh kamu gunakan sesuai dengan kategori yang tertera pada amplop.

Pada akhir bulan, kamu dapat kembali membuka buku Kakeibo serta mengevaluasi pengeluaran di bulan ini. Hal ini berguna untuk mengetahui seberapa patuhnya kamu pada aturan keuangan yang sudah kamu tetapkan sendiri.

Mungkin, Kakeibo ini terlihat sederhana namun jika kamu melakukannya secara patuh dan serius kamu akan dapat menghemat uangmu hingga 35 persen. Selamat berhemat, Sobat Sabi! (Sbg/Vania)

Comments