Hobi Berkebun
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Belakangan ini sebagian orang yang bekerja dari rumah banyak yang mulai menerapkan hobi berkebun untuk mengusir rasa bosan dan kesepian

Yup, berkebun bisa jadi kegiatan seru selama physical distancing di rumah dengan menanam berbagai jenis tumbuhan, dari tanaman hias, bunga, sayuran, hingga buah.

Sayangnya, masih banyak pria yang tidak menyukai hobi berkebun.Alasannya pun beragam mulai dari keengganan bersentuhan dengan tanah dan tanaman, anggapan berkebun adalah salah satu kegiatan yang seringnya diidentikan dengan hobi orang tua. ingga alasana takut dengan gigitan serangga.

Padahal, berkebun bisa jadi sarana efektif untuk mengurangi stres dan membuat anda lebih rileks saat menjalani anjuran stay at home di masa pandemi Corona ini lho.

BACA JUGA: Tips Tetap Waras di Tengah Pandemi COVID-19

1. Membakar Kalori

Menurut pakar urban farming David Domoney, kegiatan berkebun di rumah ternyata dapat memberikan dampak baik bagi kebugaran tubuh.

(Foto: Pexels)

Menurut Domoney, kegiatan berkebun di rumah seperti memotong rumput, menggali, dan menanam dapat membakar 150-200 kalori jika dilakukan selama kurang lebih 30 menit.

Jadi, kalori yang terbakar dari aktivitas berkebun di rumah sama saja dengan berlari sejauh 3 km, tapi lebih tidak terasa melelahkan karena beberapa orang lebih menikmati kegiatan berkebun di rumah dibandingkan berolahraga.

2. Baik untuk Kesehatan Mental

Dalam studi yang dilakukan Agnes E van den Berg bertajuk berjudul Allotment Gardening and Health: A Comparative Survey Among Allotment Gardeners and Their Neighbors Without an Allotment, menunjukkan adanya hubungan aktivitas berkebun di rumah dengan kesehatan mental.

Studi tersebut mengungkapkan berkebun di rumah dapat memunculkan ketenangan di dalam pikiran, perasaan bahagia, bahkan mengusir rasa sepi.

Pandangan senada juga datang dari  penulis Sarah Rayner  yang menyatakan kalau hobi  berkebun baik bagi kesehatan mental karena ia membuat kita memiliki rasa tanggung jawab.

Berkebun baik untuk kesehatan mental
(Foto: Freepik.com)

Penulis Making Friends with Anxiety ini menulis bahwa berkebun membuat kita fokus pada kegiatan yang menyenangkan. Kegiatan seperti itu bisa berkontribusi untuk mengurangi depresi. Berkebun juga dapat memberikan rasa damai, karena waktu seolah berhenti dan kita tak lagi dikejarnya.

“Merawat tanaman adalah cara yang baik untuk belajar menjaga dan menghormati makhluk hidup lainnya,” tegas Rayner.

BACA JUGA: Anggapan Menjaga Lingkungan Tidak Maskulin yang Bikin Jengkel

3. Penuh Kasih Sayang

Pria yang hobi berkebun alias dapat merawat tanaman pasti penu kasih sayang. Dia bmemiliki naluri pembimbing atau ngemong dan lebih dewasa, serta bijaksana. Sebab, merawat tanaman untuk tumbuh subur diperlukan kesabaran, telaten, serta kasih sayang.

Berkebun menumbuhkan rasa sabar
(Foto: Freepik.com)

Pria yang suka berkebun adala gambaran orang yang penyabar. Mereka bekerja keras menghabiskan waktu berjam-jam merawat tanaman agar menghasilkan buah dari tumbuan yang tanam

Dan tahukah kamu, seorang pria yang hobi berkebun memiliki performa kesehatan yang baik .  Pria seperti ini pastinya jadi incaran banyak wanita yang sedang mencari calon pendamping hidup.

4. Menumbuhkan Pola Hidup Sehat

Makanan sehat
(Foto: realfoodforlife.com)

Lewat hobi berkebun kamu bisa menumbuhkan kebiasaan menyantap makanan sehat seperti sayur-sayuran dan buah. Dan lagi, tanaman hasil kebun sendiri mengandung lebih banyak nutrisi karena langsung dipetik, daripada sayuran di supermarket yang telah dipetik beberapa hari lalu.

Kamu juga bisa mendapatkan vitamin D dari paparan sinar matahari ketika berkebun. Tak hanya membuatmu sehat, vitamin D juga bagus untuk kulitmu.

BACA JUGA: Jadikan Hobi bermusik Agar Mendatangkan Cuan

5. Menghasilkan Uang

Menjual hasil berkebun adalah cara mudah untuk menghasilkan uang. Kamu bisa menjual tanaman hias yang sudah dibudidayakan. Atau bisa juga menjual hasil panen buah dan sayur.

Berkebun menghasilkn uang
(Foto: Pixabay.com)

Tak jarang orang mencari buah dan sayur organik yang kerap lahir dari mereka yang hobi berkebun. Buah dan sayur organik ini juga bisa kamu konsumsi sendiri yang pastinya bisa mengurangi pengeluaran.

Kamu juga bisa berkebun tanaman obat-obatan, seperti kunir, jahe, curcuma, atau banyak lagi jenis tanaman obat-obatan herbal lainnya.

Dengan bantuan teknologi internet, kamu bisa dengan mudah mendapatkan pembeli yang tengah mencari bahan obat-obatan herbal dari hasil hobi berkebun yang kamu lakukan saat menjalani masa stay at home. (Sbg/Rig)

Comments