gaji kecil

Sabigaju.com – Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, seseorang dituntut untuk bekerja. Mengingat kebutuhan saat ini yang naik turun, gaji berapa pun rasanya kurang untuk mencukupi kebutuhan. Ditambah terkadang pendapatan yang diterima tidak sesuai dengan harapan. Apalagi gaji kecil tersebut adalah fixed income atau gaji tetap per bulannya. Bagi yang bergaji kecil harus smart mengaturnya agar tabungan enggak ludes.

Mengatur gaji kecil itu harus bijak agar terhindar dari masalah finansial. Maka dari itu, kamu perlu mengetahui bagaimana cara mengatur keuangan dengan gaji kecil. Berikut tipsnya:

Buat Anggaran Bulanan

Faktor utama memburuknya kondisi keuangan kamu adalah penyakit boros. Cara mudah mengatasi pemborosan tersebut, alangkah baiknya kamu membuat anggaran bulanan untuk mengetahui apa saja kebutuhan pokok yang diprioritaskan. Coretlah kebutuhan yang kamu tidak perlukan. Rencana keuangan yang ketat seperti ini akan membuat gaji kecil tersebut dapat dialokasikan dengan baik.

Sisihkan untuk Menabung

Setelah menghitung dan mengetahui berapa anggaran yang akan kamu keluarkan tiap bulannya. kamu perlu menyisihkan untuk menabung. Tentukan berapa nominal yang sanggup kamu tabungkan. Uang yang tertabung ini bisa menjadi simpanan kamu jika sewaktu-waktu kamu membutuhkan dana darurat atau dadakan. Usahakan uang tabungan ini disimpanan di rekening khusus agar dananya tidak bisa di utak-atik.

Beli Barang Bekas yang Masih Layak

Jika kamu ingin membeli sesuatu namun tersandung dengan gaji kecil. Kamu bisa mengakalinya dengan membeli barang second atau bekas yang masih layak digunakan. Apalagi kini mendapatkan barang bekas semakin mudah karena adanya situs online. Hal ini bisa membantu kamu berhemat. Jangan terlalu gengsi atau malu membeli barang bekas. Bergayalah sesuai dengan isi dompetmu ya sobat sabi.

Gunakan Voucher Promo atau Diskon

Untuk trik berhemat lainnya, kamu bisa menggunakan voucher atau kupon promo dan diskon. Memanfaat promo dan diskon ini membantu kamu untuk menghemat banyak uang. Kini voucher promo dapat dicari dengan mudah di internet.

Kurangi Makan Diluar Rumah

Sesekali makan di restoran kesukaanmu tidak masalah. Tapi jangan terlalu sering. Mengurangi makan di luar meminimalisir pemborosan kamu. Makan dirumah juga tidak kalah enak kok, apalagi makanan rumah lebih sehat sobat sabi.

Bijak dalam Menggunakan Alat Elektronik di Rumah

Tagihan listrik yang membengkak akan membuat ‘langsing’ tabungan kamu. Maka dari itu, bijaklah dalam menggunakan listrik di rumah seperti mematikan alat elektronik yang tidak digunakan dalam waktu lama seperti AC, TV dan lampu.

Hindari Kartu Kredit Jika Gaji Kecil

Sebenarnya kartu kredit sendiri bisa membantu kamu dalam mengelola keuangan jika digunakan secara cerdas. Namun kartu kredit mempermudah siapapun mendapatkan apa yang diinginkan. Mau ini itu tinggal gesek bikin khilaf dan kalap. Tahu-tahu tagihannya menumpuk. Jika memiliki gaji yang kecil, disarankan agar menghindari kartu kredit.

Investasi

Menabung saja rasanya belum cukup untuk membantu masalah keuangan. Kamu bisa berinvestasi meski kamu memiliki gaji yang pas-pasan. Dimulai dari nominal yang kecil saja, misalnya menyisihkan Rp100 ribu dalam sebulan dan jika dirasa sudah cukup kamu bisa membeli emas.

Dengan gaji kecil rasanya memang berat untu menabung atau mengontrol pengeluaran. Namun jika disiplin dalam merencanakan keuangan setiap bulannya merupakan kunci sukses mengelola gaji yang kamu terima. (Sbg/Aq)

Comments