Tanpa disadari ternyata ada berbagai kesalahan kecil yang bisa membuat dietmu gagal total. (Foto: Jennifer Burk on Unsplash)
Tanpa disadari ternyata ada berbagai kesalahan kecil yang bisa membuat dietmu gagal total. (Foto: Jennifer Burk on Unsplash)

Sabigaju.comDiet adalah salah satu cara untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Lantaran itulah, banyak orang yang terobsesi untuk melakukan diet. Mulai dari diet yang biasa saja hingga diet yang ekstrim.

Seseorang yang mengalami program diet selalu berasumsi untuk menurunkan berat badan dalam waktu jangka pendek. Padahal idealnya, diet yang benar harus dilakukan dengan perlahan. Apabila dilakukan secara tergesa gesa, kita malah akan menjalankan diet yang tidak tepat.

Sebab untuk mendapatkan berat badan yang ideal dengan tepat dan mendapatkan hasil yang maksimal membutuhkan proses yang panjang dan tidak instan. Selain itu tak jarang terjadi kesalahan kesalahan kecil yang dilakukan oleh banyak orang saat melakukan program diet yang sudah di tetapkan dan dijadwalkan.

Nah, ternyata ada berbagai kesalahan yang dapat membuat diet gagal total alias hancur berantakan. Mau tau apa aja, Sob? Simak di bawah ini!

1. Melewatkan Waktu Tidur

Bergadang ataupun sering terjaga saat malam hari dan melewatkan waktu tidur yang seharusnya dapat mengakibatkan berat badan tidak terkendali.

Penyebabnya adalah kadar insulin yang berkurang dalam tubuh, sehingga karbohidrat dan glukosa tidak bisa dijadikan energi dalam waktu cepat, dan berubah menjadi lemak tubuh. Intinya tidur dan beristirahatlah yang cukup agar dietmu berhasil.

2. Stres

Jika kamu kerap mengalami stres dalam keseharian dapat menyebabkan hormon kortisol yang menimbulkan rasa lapar berlebihan. Rasa lapar inilah yang membuat kamu ngemil terus, sehingga dietmu gagal total.

3. Berhenti Ngemil

Banyak yang salah persepsi bahwa berhenti ngemil bisa membantu menurunkan berat badan. Padahal pakar gizi menganjurkan untuk mengkonsumsi makanan ringan sebanyak 2 kali di sela-sela jadwal makan.

Dan untuk kamu yang diet, dianjurkan untuk memilih camilan yang rendah kalori dan lemak. Ngemil boleh tapi jangan kebanyakan sebab hal itu bisa membuat dietmu gagal total.

4. Mengurangi Jadwal Makan

Kita terbiasa terjadwal untuk makan 3 kali sehari. Kemudian, bagi mereka yang sedang menurunkan berat badan, cenderung mengurangi pola makan.

Akan tetapi, para pakar gizi mengatakan, apabila kita melewatkan jadwal makan, hanya menahan nafsu makan. Kemudian nafsu makan itu akan terluap di waktu makan selanjutnya yang malah membuat porsi makan lebih banyak dari sebelumnya.

5. Kurang Minum Air Bisa membuat Dietmu Gagal

Ternyata kebiasaan jarang minum air putih akan merusak diet yang sudah kamu lakukan. Karena air putih menjadi hal utama yang ada dalam diet yang sehat serta mampu mengurangi rasa lapar yang berlebihan.

Kita dianjurkan untuk minum air minimal 8 gelas sehari. Akan tetapi, perlu disesuaikan dengan kebutuhan tubuh dan aktivitas yang dilakukan.

Faktanya, air putih mampu membakar kalori dan mengeluarkan keringat, urin, dan tinja. Jika kita malas minum air, kalori akan sulit keluar dari tubuh dan membuat berat badan pun sulit untuk turun. Kurang minum dapat membuat dietmu gagal. (Sbg/Rig)

Comments