Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa hidup di desa membuat orang lebih panjang usianya ketimbang hidup di kota. (Foto Pixabay)
Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa hidup di desa membuat orang lebih panjang usianya ketimbang hidup di kota. (Foto Pixabay)

Sabigaju.com – Banyak orang yang berharap memiliki ekspektasi panjang umur agar bisa menikmati hidup dalam waktu yang lama.

Sayangnya, kehidupan modern yang kerap kali berkaitan dengan gaya hidup yang kurang sehat belakangan ini membuat banyak orang yang mudah terkena penyakit dan meninggal dalam usia yang cenderung muda.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Harvard University bahkan menemukan bahwa orang yang hidup di desa dimana tempat ini banyak terdapat kebun dan sawahnya bisa membuat seseorang panjang umur, tingkat kesejahteraan hingga kenyamanannya meningkat.

Loh kok bisa yah? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Suasana Desa Bikin Panjang Umur

Para peneliti di Harvard University menemukan bahwa orang yang hidup di desa atau tempat yang tenang, nyaman dan masih sejuk membuat orang tersebut memiliki umur panjang.

Hasil studi yang dilakukan oleh para peneliti itu menemukan bahwa orang-orang khususnya wanita yang tinggal di kota memiliki tingkat kematian lebih besar 12 persen lebih tinggi.

Sementara itu, orang yang tinggal di desa dengan pemandangan alam yang indah memiliki kesehatan tubuh yang maksimal dan usia yang rentan lebih panjang.

Jurnal Environmental Health Perspectives mengungkapkan bahwa wanita yang tinggal di kota lebih memungkinkan mengalami peningkatan berat badan lebih cepat dan signifikan hingga mengalami obesitas.

Hal ini disebabkan karena mereka sering kali mengkonsumsi makanan cepat saji atau makanan kaleng yang tidak sehat.

Sementara, orang desa cenderung melakukan pola makan sehat dengan mengonsumsi makanan segar seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, ataupun kacang-kacangan.

Hidup di Desa Bikin Kesehatan Meningkat

Hal itu kembali ditegaskan oleh Roy Harrison, seorang profesor kesehatan lingkungan dari University of Birmingham.

Dilansir laman bbc.com, belum lama ini Harrison mengatakan, keputusan untuk hidup di desa bisa meningkatkan kesehatan tubuh secara signifikan.

Selain jauh dari ingar-bingar kebisingan kota, area pedesaan juga menyediakan lebih banyak udara bersih.

Pepohonan dan sirkulasi udara yang baik merupakan kunci utama mengapa masyarakat yang hidup di pedesaan lebih aman dari ancaman polusi.

“Seseorang yang hidup di desa memiliki harapan hidup yang lebih panjang ketimbang mereka yang hidup di perkotaan,” lanjut Harrison

So, kamu yang ingin punya usia lebih panjang, kini waktunya buat mengambil keputusan. Mau tinggal di desa? (Sbg/Rig)

Comments