ilustrasi pixabay

Sabigaju.com – Jika hari Natal tiba, bagi yang merayakannya biasanya mengadakan makan malam bersama keluarga. Bicara makanan maka kita bicara tentang identitas dan ciri khas hidangan Natal dimana setiap keluarga bahkan negara mempunyai karakteristik masing-masing.

Kira-kira nih sob hidangan apa saja sih yang disajikan di negara lain ketika merayakan Natal bersama keluarga?

Hidangan Natal di Berbagai Negara

Berikut adalah beberapa menu hidangan Natal yang biasa disajikan di belahan negara lain untuk suguhan tamu dan keluarga:

1. Kalkun Panggang (Eropa)

hidangan natal
Source : https://food.idntimes.com

Kalau kamu menonton film tentang perayaan Natal, kamu pasti sering melihat mereka seringkali menyajikan makanan yang satu ini.

Kalkun panggang adalah salah satu makanan khas yang sering disajikan kepada para tamu dan keluarga bagi mereka yang merayakan Natal di negara ini. Makanan ini dibuat dengan resep dan bumbu khusus sebagai hidangan lezat dan gurih yang selalu dinanti-nanti pada saat natal tiba.

2. Kurisumasu Keiki (Jepang)

Source : Moziru.com

Ini adalah dessert ala Jepang yang bisa kamu temui pada saat Natal tiba di Negara Sakura ini. Tidak hanya sushi, takoyaki dan ramen saja yang menjadi daya tarik negara ini. Kurisumasu keiki ini sendiri juga mempunyai magnet ciri khas tersendiri sebagai dessert yang juga mempunyai arti sebagai kue natal.

Auguhan ini sudah mulai menghiasi meja makan masyarakat Jepang pada saat perayaan malam Natal sejak 1910. Bentuknya mirip kue ulang tahun pada umumnya. Kue ini terdiri dari strawberry sponge cake dengan whipped cream dengan strawberry.

3. Feast of Seven Fishes/Seafood (Italia)

source : iitalia.org

Negara Italia ternyata tidak sebatas dengan kuliner pasta dan pizza saja lho sob. Pada saat Natal tiba, masyarakat di Italia sering menyuguhkan menu khusus yang menjadi andalan mereka di hari Natal yakni Feast of Seven Fishes atau La Vigilia.

Dalam menu ini para tamu dan keluarga disajikan makanan variatif seperti lobster, sarden, ikan cod, cumi-cumi, gurita, udang, tiram dan lain lainnya. Makanan ini juga sering disajikan bersama pasta, sayuran, dan wine.

4. Ciorba De Perisoare (Romania) 

source : Savoriurbane.com

Romania ternyata juga mempunyai makanan khas mereka sendiri. Ketika Natal datang, masyarakat Romania mempunyai makanan khas yaitu Ciorba de Perisoare. Ini adalah makanan seperti bakso daging namun dibuat dengan kuah khusus yang hangat dan menggoda. Sajian yang pas untuk salah satu negara yang bersalju ini.

5. Chiles En Nogada (Meksiko)

source : houstonchronicle.com

Meksiko sebagai negara yang dikenal dengan taco dan tortilla juga memiliki makanan khas sendiri ketika Natal tiba. Pada saat Natal, masyarakat Meksiko seringkali menyajikan makanan Chiles En Nogada.

Masakan ini dibuat dengan basis pohon kenari yang pada saat dibuka seperti ada kejutan karena terdapat beberapa isian seperti picadillo, daging sapi, susu putih manis (pera de leche), poblano pepper, hijau cabai, krim putih dari walnut, dan taburan buah delima (pomegranate).

Kalau di keluarga kamu, makanan khas Natalnya apa nih, sob? (Sbg/Ary)

 

 

 

 

Comments