Hidangan Naniura, makanan khas suku Batak.

Sabigaju.com – Tanah Batak menyimpan begitu banyak sajian kuliner, salah satunya adalah hidangan Naniura, makanan khas Batak Tapanuli Utara.

Dahulu kala, hidangan Naniura hanya dihidangkan untuk raja-raja adat ataupun para tetua adat saat berkumpul. Namun kini, makanan khas ini sudah bisa dinikmati oleh banyak orang.

Bahkan bisa ditemui di restoran tertentu di sana. Di Jakarta sendiri hidangan Naniura dapat dipesan di rumah-rumah makan khas batak alias lapo tuak.

Ikan Khusus

Pada awalnya sajian ini menggunakan Ikan batak atau dikenal secara umum dengan nama ikan jurung yang hidup di perairan Danau Toba.

Namun lantaran keberadaaan ikan jurung sudah terancam punah, perlahan Naniura pun menggunakan ikan Mas yang rasanya mirip dengan ikan Jurung.

Bumbu yang Memasak, Bukan Api

Naniura dalam bahasa Batak memiliki arti, ikan yang tidak dimasak. Ikan mentah tersebut disajikan dengan bumbu yang lengkap yang artinya bumbu-bumbu itulah yang memasak ikan mas tersebut. Bukan dengan api.

Proses pembuatan Naniura dimulai dengan menyiapkan ikan. Ikan yang digunakan sebaiknya berukuran sedang, agar matangnya merata. Ikan kemudian dibersihkan dari duri dan lendirnya. Kemudian dimatangkan dengan cara merendamnya dengan air perasan dari buah jeruk purut.

Proses pembuatan ikan Naniura dimulai dengan ikan mas yang sudah dibersihkan direndam dengan air perasan jeruk purut hingga matang. (Foto: Instagram)

Lewat proses ini, membuat kualitas protein di dalam ikan mas menjadi lebih utuh, karena tidak terkena api sama sekali. Tidak direbus, tidak digoreng, tidak dibakar, tidak diasapi, tidak terkena panas api sama sekali.

Proses ini membutuhkan waktu 2-3 jam. Ikan dianggap siap makan, bila dagingnya sudah kenyal dan mudah disobek.

Bumbu siram untuk Naniura terdiri dari 10 macam, termasuk di dalamnya andaliman dan kecombrang, yang bercita rasa gurih, dengan bau harum khas yang kuat.

Bisa Bikin Panjang Umur

Kandungan gizi yang terdapat dalam hidangan Naniura sangat berguna bagi kesehatan tubuh. (Foto: Instagram)

Komposisi ikan dan bumbu dalam hidangan Naniura mengandung gizi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Seperti diketahui ikan mas memuat kandungan asam lemak omega 3 yang sangat tinggi. Hal itu merupakan lemak sehat yang baik untuk kesehatan otak dan jantung kamu.

Selain itu karena hidangan Naniura tidak di masak dengan api, maka asupan gizi dan nutrisi dari ikan serta bumbu yang terdapat di dalam makanan khas suku Batak ini dapat dengan lengkap diterima tubuh kita. Hal ini membuat Naniura istimewa. Sudah nikmatnya luar biasa, bikin panjang umur pula. (Sbg/Rig)

Comments