Menonton TV
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terlalu lama menonton TV bisa menimbulkan gangguan pada memori hingga bisa menimbulkan demensia alias pikun. (Foto: Pexels)

Sabigaju.com – salah satu kegiatan mengasyikan yang biasa kita lakukan saat tiba di rumah adalah menonton TV guna menyaksikan  film atau serial televisi yang menjadi favorit kita.

Apalagi kini televisi semakin canggih, dan layanan pengaliran konten seperti Netflix membuat orang jadi lebih betah berjam-jam di depan TV.

Sayangnya , ada begitu banyak orang yang sulit untuk berhenti menonton TV, apalagi kalau serialnya sedang seru. Dan akibatnya rasa ngantuk berlebihan dan lemas keesokan hari pun harus kita rasakan

Selain kantuk lelah menonton televisi terlalu lama punya efek lain yang mengganggu memori di dalam otak. Simak yuk

BACA JUGA:

Gangguan Memori Otak

Jika kamu sering menonton TV terlalu lama kamu perlu lebih hati-hati. Menurut penelitian baru University College London yang diterbitkan dalam Scientific Reports, semakin lama orang menonton TV, semakin besar potensinya mendapat skor lebih rendah pada tes memori verbal.

Penulis riset dalam penelitian itu mencatat, televisi membuat otak waspada, tetapi tidak selalu fokus. Stimulus berbasis layar lain seperti gim video mungkin lebih baik untuk mempertahankan atau meningkatkan kognisi.

Selain itu para peneliti tersebut juga berteori, potensi stres yang diinduksi televisi dapat memengaruhi daya ingat. Adegan kekerasan bisa menimbulkan kekhawatiran pada sebagian penonton.

Ini dapat memicu pelepasan glukokortikoid atau hormon stres. Kadar glukokortikoid yang tinggi secara kronis di antaranya bisa menyebabkan gangguan memori.

Mungkin juga televisi tidak merusak, hanya saja menghabiskan waktu yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan lebih berguna secara neurologis seperti berolahraga atau membaca.

Bisa jadi orang dewasa yang menghadapi masalah kognitif cenderung menghabiskan waktu mereka di depan televisi.

Cara Mengatasi Kebiasaan menonton TV  Berlebihan

Nah, buat kamu yang terlalu banyak menonton TV, Sabigaju mau kasih tips  buat mengatasinya di bawah ini.

1. Batasi Waktu Menonton

Kamu perlu membatasi berapa banyak  Serial televisi  yang t menarik perhatian kita. Tetapkan berapa episode yang bakal kamu tonton dan buat keputusan jam berapa kita akan berhenti.

2. Ajak Teman untuk Menonton

Kebanyakan nonton televisi bisa membuat kita terisolasi secara sosial karena interaksi dengan orang lain berkurang.

Untuk mengatasinya, kita bisa menonton bersama orang lain untuk mengatasi kita agar tak berlebihan.

3. Jangan Lupa untuk Jeda

menonton memang mengasyikan namun jangan lupa untuk melakukan perengangan, ambil segelas air dan beranjak dari depan televisi.

4. Jaga Pola Tidur

Banyak orang memilih menonton televisi atau serial drama demi membuat otak rileks. Padahal, aktivitas ini juga memerlukan energi.

Stimulasi mental dari apa yang kita tonton dan kombinasi cahaya biru dari layar membuat kita sulit tertidur.

5. Pikirkan Manfaatnya

Di sisi lain kamu perlu pikirkan kembali apakah hobi menonton kita benar-benar membawa manfaat. Ini bukan perkara apa yang kita tonton tetapi waktu yang kita gunakan untuk menonton.

Jika waktu mu banyak habis dan ada penyesalan lantaran menghabiskan malam yang panjang  hanya untuk menonton serial favorit,  segeralah hentikan kebiasaan menonton TV terlalu banyak (Sbg/Rig)

Comments