Sabigaju.com – Banyak orang tak menyadari hal-hal candaan membuat orang tertarik untuk mempraktekan, padahal hal yang dianggap lucu tersebut sesuatu yang mematikan.
Seperti belum lama ini jagat maya dihebohkan dengan fenomena #SkipChallenge yang sekarang sedang trend di kalangan remaja. Entah sadar atau tidak, fenomena yang kini menjadi viral di media sosial tersebut ternyata berbahaya bagi kesehatan bahkan bisa berujung kematian.

Permainan Skip Challenge dilakukan dengan cara menekan dada sekeras kerasnya selama beberapa waktu dan menyebabkan anak tersebut kehilangan kesadaran ataupun pingsan. Beberapa saat kemudian si anak secara perlahan akan siuman dan kembali sadar.

Sejumlah pakar kesehatan luar negeri pun menganggap skip challenge adalah hal maut dan bukanlah hal lucu untuk di jadikan bahan permainan.

sumber foto Youtube

Dilansir dari laman fox59, Dr. Michael McKenna, pass out challenge dapat meningkatkan detak jantung secara drastis sehingga memutus aliran oksigen ke otak yang membuat seseorang pingsan seketika dan bisa berakibat fatal pada kematian.
Senada dengan apa yang dikemukakan diatas, seorang pakar kesehatan Dr.Nick Flynn dari Union Quay, Medical Centre, Cork, seperti dimuat dalam laman irishexaminer mengungkapkan bahaya dari permainan skip challenge adalah potensi yang menyebabkan hipoksia, kejang, pingsan, kerusakan otak, bahkan kematian. "Passout challenge (atau skip challenge)” itu menghentikan otot dada bergerak, sehingga oksigen minim di otak" kata Dr.Nickseperti dikutip dari laman irishexaminer.Dr. Flynn menambahkan saat seseorang melakukan permainan ini yang terjadi pada otak mengalami kondisi yang mirip dengan waktu seseorang tenggelam, tersedak atau mengalami serangan jantung. "Kondisi itu menyebabkan hipoksia dan dapat memicu kejang-kejang hingga dapat menimbulkan kematian. Sebab jika otak kita mengalami kekurangan oksigen lebih dari tiga menit saja maka bisa mengakibatkan kerusakan jaringan otak, bila lebih dari 5 menit akibatnya jauh lebih fatal. Intinya skip challenge sangat berbahaya," pungkas Dr.Flynn.

sumber foto Youtube

Dua pakar kesehatan luar negeri sudah memberikan penjelasan tentang bahaya permainan tak bermanfaat tersebut, jadi sebelum terlambat ataupun jatuh korban baiknya segera hentikan permainan Skip Challenge maut ini. (Sbg/rig)

Comments