Minuman Boba
)Foto; Instagram)

Sabigaju.com – Belakangan ini kuliner Minuman boba memang tengah melanda masyarakat khususnya generasi milenial. Boba berasal dari Taiwan dan dikenal dengan nama zenzhu naicha.

Boba adalah bola tapioka yang sering menjadi isian dari minuman bubble tea. Boba berbahan dasar tepung tapioka yaitu tepung dari singkong.

Tapioka tidak memiliki banyak rasa, sehingga rasa manis dari boba sebagian besar berasal dari gula atau madu yang direndam sebelum disajikan.

Nah di balik kenikmatannya, kebiasaan mengonsumsi minuman boba ternyata punya dampak buruk terhadap kesehatan.

 BACA JUGA: Jangan Terlalu Sering Mengonsumsi Minuman Manis, Berbahaya

Boba dan Bahaya Gula Berlebih

Rasa minuman boba yang manis, creamy, berpadu dengan teksur boba yang kenyal, membuat banyak orang terserang “demam boba”. Walau berbahan dasar teh hitam dan susu yang sebenarnya sehat, tetapi kandungan gulanya yang tinggi membuat minuman kekinian ini menyimpan bahaya bagi kesehatan.

Selain gula, minuman boba juga biasanya mengandung creamer non-susu, merupakan pengganti susu yang mengandung lemak trans yang terkait dengan peningkatan risiko penyakit jantung dan stroke.

Dalam ulasan yang dipublikasikan oleh Rumah sakit Mount Alvernia di Singapura, belum lama ini menerbitkan artikel yang membandingkan kadar gula dan kalori dari berbagai jenis minuman bubble tea yang populer, seperti milk tea with pearls, brown sugar milk tea with pearls, jasmine green tea with fruits..

BACA JUGA: Awas, Ada Bahaya Mengintip di Botol Minuman Milikmu

Hasilnya, jenis bubble tea yang mengandung gula terbanyak adalah boba, alias brown sugar milk tea.

Dalam segelas minuman ini terkandung 18.5 sendok teh gula. Baca juga: Mengenal Perbedaan Istilah Boba, Bubble Tea, dan Pearl Di urutan kedua paling tidak sehat adalah winter melon tea dengan kandungan gula 16 sendok teh.

Orang dewasa rata-rata direkomendasikan mengonsumsi gula tak lebih dari 8-11 sendok teh sehari, sementara untuk anak dan remaja sekitar 5 sendok teh.

BACA JUGA: Kenikmatan Mematikan dalam Minuman Bersoda

Cobalah untuk Tidak Mengonsumsi Minuman Boba

Walau minuman yang berbasis buah terkesan sehat, nyatanya kandungan gulanya tak kalah mengerikan, sedikitnya terdapat 8 sendok teh gula.

Dalam jangka panjang, konsumsi gula berlebihan dapat memicu berbagai penyakit, termasuk obesitas, diabetes, hingga kanker.

Walaupun dampak buruk dari minuman boba tidak terlihat dan dirasakan seketika , sebaiknya kamu tidak mengonsumsi minuman ini setiap hari (Sbg/Rig)

Comments