Mengecek Smartphone
(Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Kecanggihan Smartphone telah mengubah gaya hidup manusia terutama dalam menikmati kebebasan serta menjaga kedekatan kita dengan orang lain dimana pun. itulah sebabnya banyak orang yang punya kebiasaan mengecek smartphone

Lantaran itu pula kita pun sering membawa smartphone hingga ke tempat tidur untuk menemani tidur sambil sekedar membaca-baca berita di media sosial bahkan saat terbangun banyak yang punya kebiasaan langsung ngecek smartphone.

Hasil penelitian yang dilakukan IDC Research mengungkap bahwa , sekitar 80 persen pengguna gadget, mengecek smartphonenya minimal selama 15 menit saat bangun tidur.

Nah, sebaiknya kemu menghentikan kebiasaan mengecek smartphone saat baru bangun tidur. Kebiasaan tersebut bisa menimbulkan masalah besar bagi kesehatanmu di kemudian hari.

BACA JUGA: Waspada Texting Anxiety Saat Dilanda Asmara

Meningkatnya Stres dan Kecemasan

Saat kamu bangun dan langsung mengecek smartphone, kamu mulai dibombardir dengan pesan, e-mail, list pekerjaan, dan stimulan lain yang bisa meningkatkan stres dan rasa cemas.

Stimulasi itu mendorong perhatianmu dan tidak memberimu waktu untuk memulai hari.

Sebuah penelitian dari University of Gothenburg di Swedia menunjukkan efek dari penggunaan smartphone pada orang berusia 20-an, yakni penggunaan handphone berlebih berkaitan dengan peningkatan laporan depresi, baik pada pria maupun wanita.

BACA JUGA: Resah Smartphone Nggak Aktif, Waspada Nomophobia 

Waktu dan Perhatianmu Dibajak

Dengan memeriksa media sosial, e-mail, atau pesan tepat saat bangun tidur membuat otakmu mudah dimasuki opini ataupun permintaan orang lain.

Hal itu membuat pikiran, ide, dan fokusmu akan dibajak oleh sederat notifikasi ketika langsung mengecek smartphone  saat bangun tidur

Bukan hanya itu, waktumu juga dibajak oleh handphone. Saat kamu memeriksa medsos selama 5 menit, kamu bisa keterusan hingga akhirnya menghabiskan waktu 30 menit hanya untuk scroll media sosial.

BACA JUGA: Dampak Mengerikan Sering Main Smartphone di Toilet

Bikin Kacau Produktivitas

Sebagian besar orang beranggapan bahwa mereka dapat dengan lancar beralih fokus dari handphone ke hal lain.

Namun pada kenyataannya tidak. Mengecek smartphone dan mendapatkan informasi yang terlalu banyak didapat saat bangun tidur dapat mengacaukan produktivitasnya.

Dengan kata lain, kemampuan untuk fokus bisa menurun drastis saat kamu memulai harimu dengan handphone.

So, gaes yuk hentiakan kebiasaan mengecek smartphone saat bangun tidur! (Sbg/Rig)

Comments