Sabigaju.com – Peneliti dari Balai Pengkajian Dinamika Pantai Badan Pengkajian dan Penerapan Tekhnologi (BPPT) memprediksi ada potensi tsunami di Pandeglang, Banten setinggi 57 meter. Prediksi ini dinilai bisa meresahkan khususnya bagi warga yang tiggal di daerah pesisir.

Sebelumnya, peneliti tsunami pada Balai Pengkajian Dinamika Pantai Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Widjo Kongko memprediksi ada potensi tsunami setinggi 57 meter di Kabupaten Pandeglang, Banten.

Tsunami ini juga diprediksi akan mencapai Jakarta Utara. Namun itu semua masih bersifat prediksi awal untuk keperluan antisipasi.

Widjo mengatakan tsunami itu bisa terjadi karena di Jawa Barat tengah diprediksi ada gempa megathrust di daerah subduksi di selatan Jawa dan Selat Sunda.

Salah satu contoh dampak gempa megathrust ini adalah adanya gempa di Banten pada akhir Januari 2018. Apabila kekuatan gempa mencapai 9 skala Richter di kedalaman laut yang dangkal, tsunami besar akan terjadi.

Publik Agar Tidak Panik

Meski demikian, menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banten Sumawijaya mengatakan, prediksi seperti itu dinilai dapat meresahkan karena bencana apalagi gempa dan tsunami, tidak dapat diprediksi kapan waktu dan tempatnya.

Ia menilai, statement seperti itu menurutnya agar tidak langsung disampaikan kepada publik. Karena lebih baik dikaji lebih dulu di internal para peneliti mengenai gempa bumi dan tsunami.

BPBD Kabupaten Pandeglang meminta warga tidak panik terkait adanya prediksi tsunami setinggi 57 meter. Menurut pihak BPBD, hal itu hanya sebatas prediksi awal.

Pihak BPBD bahkan menyatakan sepanjang pantai di Pandeglang sudah dipasangi sistem peringatan dini tsunami. Titik kumpul dan jalur evakuasi juga sudah disediakan.

Pandeglang Jadi Trending Topic

Prediksi potensi tsunami pun menjadi konsumsi warganet. Ada begitu banyak yang membagikan pemberitaan media tanah air tentang potensi Tsunami itu di akun Twitternya.

Saking ramainya perbincangan tentang potensi tsunami setinggi 57 meter di Pandeglang, nama kabupaten di Provinsi Banten tersebut masuk dalam jajaran Trending topic di jagat Twitter Indonesia.

Begitu Banyak warganet yang berharap agar Pandeglang dijauhkan dari musibah dan potensi  tsunami tidak terjadi. (Sbg/Rig)

Comments