Mendaki Gunung
Mendaki gunung memang enggak bisa sembarangan. Jangankan bagi pemula, mereka yang sudah banyak pengalaman pun masih harus berhati-hati. (Foto: Pexels)

Sabigaju.com – Indonesia, khususnya komunitas pendaki gunung, baru saja dibuat heboh dengan kabar hilangnya Thoriq Rizki  yang mendaki Gunung Piramid, Bondowoso, Jawa Timur. Sudah lebih dari seminggu hilang, keberadaan Thoriq masih saja jadi mistreri.

Siswa yang masih duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) ini mulanya berniat memburu sunset bersama teman-temannya.

Namun sebelum sampai puncak, Thoriq dan kedua temannya berniat turun karena kelelahan. Selama turun, memang ada peringatan bahwa medan saat itu sedang licin.

Namun nahas, kedua teman Thoriq justru baru menyadari kehilangannya saat berada di bawah.

Ini bukan kali pertama pendaki gunung hilang ketika dalam pendakian. Hanya sedikit mereka yang kembali selamat. Sisanya, hilang begitu saja atau ditemukan dalam keadaan tewas.

Mendaki gunung memang enggak bisa sembarangan. Jangankan bagi pemula, mereka yang sudah banyak pengalaman pun masih harus berhati-hati.

Nah, buat kamu yang berniat mendaki dalam waktu dekat ini, coba disimak ya aturannya.

BACA JUGA: Yuk, Pacu Adrenalinmu di Skylodge Gunung Parang

Berolahraga dan Jaga Kesehatan

Setidaknya, kamu harus mulai berolahraga selama sebulan sebelum mendaki gunung. Ini agar nantinya stamina kamu terjaga dan badanmu tak cepat lelah.

Kamu juga disarankan menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan sehat.

Cari Tahu info Medan Pendakian

Ini sangat penting agar kamu tahu bahwa apa yang harus kamu siapkan sebelum pendakian. Tak hanya persiapan materil, kesehatan mental dan fisik juga sangat diperlukan.

BACA JUGA: Nih! Rahasia Mengatasi Perjalanan Jauh Buat Kamu yang Hobi Mendaki 

Perlengkapan yang Harus Dibawa

Setelah kamu tahu lokasi pendakiannya seperti apa, kamu bisa tahu apa aja kebutuhan yang harus dibawa.

Mulai dari pakaian, makanan, obat-obatan, perlengkapan mendaki seperti sepatu mendaki, senter, tongkat hingga tenda dan sleeping bag.

Sarung tangan dan jaket juga diperlukan karena semakin tinggi gunung maka udaranya akan semakin dingin. Jangan lupa juga bawa perlengkapan masak seadanya.

BACA JUGA: Menengok Keindahan Danau Tiga Warna di Puncak Gunung Kelimutu 

Minimalisir Barang Bawaan

Saat mendaki gunung bawalah bawaan yang simpel dan berguna.

Ini agar nantinya kamu tak keberatan saat membawanya selama mendaki. Karena semakin berat bawaan, tentu kamu akan semakin kelelahan nantinya.

Jangan Takut Bilang Lelah

(Foto: Pexels)

Sepele, tapi ini penting. Kadang pendaki merasa malu dan gengsi untuk berkata lelah. Ingat bahwa setiap orang punya kapasitasnya masing-masing.

Pokoknya, saat kamu merasa lelah  mendaki gunung  cobalah untuk tidak memaksakan diri. Istirahatlah sejenak untuk memulihkan diri.

Biasanya dalam pendakian, semua tim yang terlibat akan saling membantu.

BACA JUGA: Pesona Tiada Tara dari Gunung Gamalama di Maluku Utara

Ikuti Instruksi dan Larangan Petugas Gunung

Sebelum mendaki gunung, kamu biasanya akan di-brief oleh petugas. Di sini akan banyak sekali larangan dan intruksi dari petugas yang berkenaan dengan gunung yang akan kamu daki. Tak boleh lengah, kamu harus banget patuhi aturan mereka.

Jangan Buang Sampah Sembarangan

Sebagai pendaki, harusnya kamu juga merupakan salah satu pecinta alam. Artinya, kamu juga wajib memelihara lingkungan sekitar gunung.

Jangan meninggalkan sampah dan puntung rokok. Ingat bahwa kelestarian hewan liar di sana juga penting.

BACA JUGA: Nikmati Indahnya Camping di Surya Kencana Gunung Gede 

Berdoa

Berdoa juga salah satu yang terpenting, tak hanya sebelum mendaki gunung, tapi juga selama pendakian, sampai puncak, hingga turun kembali.

Di gunung, kamu akan merasa bahwa ciptaan Tuhan memang luar biasa. Sadarilah bahwa kamu adalah manusia kecil yang mesti bersyukur.

Kata orang, mendaki gunung adalah perjalanan hati. Enggak cuma olahraga dan rekreasi, kamu juga bakalan mendapat banyak pengalaman di sana. Jadi, siapkan diri baik-baik, ya! (Sbg/Dinda)

Comments