Gunung Bromo adalah satu destinasi yang paling banyak di kunjungi wisatawan mancanegara di Pulau jawa. (Foto Instagram cannonmatt)
Gunung Bromo adalah satu destinasi yang paling banyak di kunjungi wisatawan mancanegara di pulau Jawa. (Foto Instagram cannonmatt)

Sabigaju.com – Indonesia kembali berbangga, pasalnya tahun ini pulau Jawa dinobatkan juara dari 15 World’s Best Islands berdasarkan polling yang dirilis majalah bergengsi Travel+Leisure tahun ini.

Padahal selama ini Bali dan Lombok selalu menjadi adalan pariwisata Indonesia, tetapi lewat survei tersebut akhirnya terungkap potensi Pulau Jawa. Pulau Jawa yang menggondol skor 95,28 dan dinobatkan sebagai pulau terbaik di dunia versi majalah asal Amerika Serikat itu.

Sementara Pulau Bali dan Lombok berada di peringkat kedua dan ketiga dengan masing-masing memperoleh nilai 94,06 dan 93,88. Ketiga pulau Indonesia ini bahkan mengalahkan Maladewa, Selandia Baru, dan Yunani.

Rating pembaca didasarkan pada aktivitas mereka, pemandangan yang dilihat, alam dan pantai, kuliner, keramahan penduduk setempat, dan penilaian akan kesan keseluruhan dan masih banyak lagi.

Pulau Jawa dengan Pemandangan Bak Surga

Walaupun hal pertama yang akan dikatakan orang tentang Pulau Jawa ialah itu merupakan pulau terpadat. Lebih dari 140 juta orang tinggal di jantung Indonesia dengan area seluas 128.297 km2 tersebut.

Namun, predikat pulau terpadat tak membuat wisatawan mancanegara berhenti berkunjung ke Pulau Jawa. Mereka menilai pulau tersebut menawarkan berbagai keriaan seperti budaya dan seni serta makanan dan petualangan.

Tak hanya itu, kelengkapan sarana seperti banyaknya hotel bintang lima yang tersedia di Pulau Jawa juga jadi pertimbangan mengapa orang menyukai Pulau Jawa.

Berikut ini beberapa tempat wisata di Indonesia yang direkomendasikan Travel+Leisure.

1. Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan salah satu kompleks candi bercorak Buddha tertua di dunia.

Situs bersejarah ini mendapat pengakuan dari UNESCO sebagai warisan budaya. Bangunlah lebih pagi untuk menikmati sunrise di sana.

Kunjungan ke Jawa tidak akan lengkap tanpa berhenti di Borobudur. Dibangun pada abad kedelepan, kompleks kuil Buddha ini adalah salah satu yang paling tua dan penting di dunia,” demikian laporan Travel+Leisure.

2. Monas

Monumen Nasional atau kerap disebut Monas merupakan tempat wisata paling popular di Kota Jakarta. Monumen setinggi 433 kaki tersebut terletak di Lapangan Merdeka dan mulai dibuka pada 1975.

Monas merupakan tempat untuk memperingati perjuangan Indonesia agar lepas dari cengkraman Belanda pada 1949. Naiklah ke dek observasi bila ingin melihat pemandangan Kota Jakarta.

Bagi kita yang ingin melihat Jakarta secara utuh, Travel+Leisure merekomendasikan Monumen Nasional.

3. Karimun Jawa

Keindahan Karimunjawa sudah sangat tersohor hingga mancanegara. Pulau ini menawarkan kepulauan dan pantai yang eksotis.

Selain snorkelling, kita bisa menghabiskan waktu sembari berenang dengan ikan hiu yang terdapat di Pulau Menjangan. Tak hanya pantai, Karimunjawa juga memiliki hutan mangrove yan sejuk. Di sana terdapat 45 jenis mangrove yang di antaranya merupakan jenis langka.

Travel+Leisure merekomendasikan, Karimunjawa, untuk para wisatawan yang ingin melarikan diri ke ‘surga tersembunyi’.

4. Taman Nasional Baluran

Kita tak perlu jauh-jauh ke Afrika untuk merasakan keindahan padang savana. Cukup mengunjungi padang savana di Taman Nasional Baluran yang terletak di Banyuwangi, Jawa Timur.

Di kawasan konservasi tersebut kita bisa melihat berbagai satwa liar seperti banteng, rusa, monyet ekor panjang, kerbau dan merak yang hidup bebas di hamparan savana.

Di Taman Nasional Baluran tak hanya terdapat hutan savana tetapi juga evergreen, hutan mangrove, hutan pantai, dan hutan pegunungan bawah.

5. Gunung Bromo

View this post on Instagram

Mt. Bromo at night is otherworldly 🌌

A post shared by Matt Cannon (@cannonmatt) on

Gunung Bromo merupakan salah satu destinasi wisata yang paling ramai dikunjungi wisatawan setiap tahunnya.

Keindahan kawasan Gunung Bromo terkenal hingga mancanegara. Pesonanya pun tak jarang bikin kangen untuk kembali wisata ke Bromo.

Kementerian Pariwisata menargetkan sebanyak 17 juta kunjungan wisatawan mancanegara pada 2018 dan 20 juta wisatawan mancanegara yang diikuti 375 juta pergerakan wisatawan nusantara pada 2020. (Sbg/Rig)

Comments