Membuatmu stres
Selain membantu untuk memudahkan kita dalam berkomunikasi dengan orang lain, media sosial juga memiliki potensi yang bisa membuatmu stres. (Sumber Gambar: mumbailive.com)

Sabigaju.com – Media sosial semakin lama semakin terintegrasi dengan baik sehingga sangat membantumu dalam bertemu dengan banyak orang tanpa harus bertatap muka secara langsung.

Sebagai contoh, Facebook sendiri telah memiliki lebih dari 2,1 juta pengguna aktif di seluruh dunia yang membantu tiap orang bertemu dengan teman lama, saudara maupun rekan tanpa terbatas jarak dan waktu. Namun, benarkah media sosial tidak memiliki dampak negatif?

Media sosial seringkali dijadikan sebagai tempat untuk mencari hiburan, namun di sisi lain rupanya juga mampu membuatmu stress. Berikut ini adalah beberapa kemungkinan bagaimana media sosial mampu membuatmu stres.

Comparison Stress

Salah satu hal yang membuatmu stress dengan penggunaan media sosial adalah bagaimana kamu akan membandingkan hidupmu dengan orang lain.

Bisa jadi kamu berpikir di usia yang sebaya dengan temanmu, pencapaian kalian justru berbeda. Kamu kemudian berangan barangkali lebih bahagia menjadi temanmu.

Kamu pun akan menjadi lebih mudah risau dan gelisah. Itulah sebabnya meluangkan waktu sangat banyak untuk melihat media sosialmu justru dapat menurunkan tingkat kepercayaan dirimu.

Family Disconnect

Satu hal lagi yang membuat kecanduan media sosial justru mampu membuatmu stres ataupun tertekan.

Media sosial justru akan menjauhkanmu dari keluargamu. Ketika kamu tengah berada di sekitar keluargamu, kecanduan media sosial justru akan membuatmu sejenak tidak lagi terkoneksi dengan keberadaan keluargamu.

Kehilangan kehangatan keluarga yang membuat jarak tercipta tentu bukan hal yang kamu inginkan, bukan?

Political Stress

Adanya media sosial membantu orang menyebarluaskan banyak informasi termasuk informasi politik.

Baru-baru ini, pemilihan umum membuat kubu-kubu politik saling menyuarakan pendapatnya yang justru tidak jarang membuat kedua kubu berselisih paham.

Hal ini membuatmu stress karena isu politik yang beredar di media sosial.

Difficult to Relax

Tidak jarang seseorang meng-upload postingan di media sosial untuk mendapatkan banyak like maupun komentar.

Namun, jika kamu terkena stress karena hal ini, kamu akan merasa tidak nyaman ketika mendapatkan sedikit like maupun komentar.

Hal ini bisa membuatmu stres lantaran merasa kesal dan stress jika like maupun komentar yang kamu dapatkan tidak sesuai dengan harapanmu. (Sbg/Vania)

Comments