Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin pada Selasa (15/5) mengumumkan hasil sidang isbat yang berlangsung di Auditorium HM Rasjidi, Kementerian Agama RI, Jl MH Thamrin No 6, Jakarta, dengan menyatakan Awal bulan Ramadhan jatuh pada Kamis 17 Mei 2018. (Foto: Facebook Kemenag RI)
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin pada Selasa (15/5) mengumumkan hasil sidang isbat dengan menyatakan Awal bulan Ramadhan jatuh pada Kamis 17 Mei 2018. (Foto: Facebook Kemenag RI)

Sabigaju.com – Pemerintah melalui Kementerian Agama menetapkan awal bulan Ramadan 1439 Hijriah pada Mei 2018. Keputusan itu diambil setelah pemerintah menggelar sidang isbat.

“Posisi hilal di bawah ufuk. Bulan Syahban kita genapkan dengan cara istiqmal menjadi 30 hari. Maka 1 Ramadhan 1439 H jatuh pada Kamis 17 Mei 2018,” ucap Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di di Auditorium HM Rasjidi, Kementerian Agama RI, Jl MH Thamrin No 6, Jakarta,, Selasa (15/5).

Menurut Lukman, kesepakatan sidang isbat dibuat berdasarkan dua hal, yaitu perhitungan hisab dan laporan petugas tersumpah di lapangan yang melihat hilal dari 95 titik.

BACA JUGA: Jelang Ramadhan, Inilah Daftar Jajanan Buka Puasa di Indonesia

Berdasarkan penetapan awal puasa di bulan Ramadhan ini, maka umat Islam di Indonesia mulai melakukan shalat tarawih pada Rabu (16/5) malam. Kemudian, puasa pertama dilakukan pada Kamis.

Sidang isbat juga dihadiri Duta Besar negara-negara sahabat, Ketua Komisi VIII DPR, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-Ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama, dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

Sidang isbat berlangsung tertutup, seperti sidang isbat awal bulan Ramadan dan awal Syawal tahun lalu.

Kementerian Agama telah menurunkan sejumlah pemantau hilal Ramadan 1439H di seluruh provinsi di Indonesia. Mereka berasal dari petugas Kanwil Kementerian Agama dan Kemenag Kabupaten/Kota yang bekerjasama dengan Pengadilan Agama, ormas Islam serta instansi terkait setempat.

Heboh Video Menteri Agama

Namun, sebelum hasil sidang isbat diumumkan sebuah video beredar luas berisi Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin yang tengah mengucapkan selamat puasa telah beredar.

Dalam video durasi 14 detik itu Menteri Agama menyebut puasa Ramadan 1439 H akan dimulai pada hari Kamis ini.

BACA JUGA: 5 Iklan Bertema Ramadhan yang Menyentuh Hati

“Puasa Ramadan akan kita mulai pada kamis. Karena itu mari kita sambut bahagia dan penuh sukacita,” papar Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin.

Lantas, benarkah video tersebut? Belum ada penjelasan resmi dari Kemenag.

Warganet Sukacita Sambut Bulan Ramadhan

Warganet pun menyambut hadirnya bulan Ramadan dengan suka cita merupakan salah satu hal baik dalam ajaran Islam.

Berdasarkan pantauan Sabigaju.com, begitu banyak warganet yang tidak sabar untuk menjalankan ibadah puasa dan tradisi-tradisi yang berlaku selama bulan Ramadan lainnya.

Mulai dari kerinduan mengadakan momen sahur dan salat tarawih. Bahkan, sudah ada ajakan bukber walaupun belum memasuki bulan Ramadhan. (Sbg/Rig)

Comments