Sabigaju.com – Perkembangan teknologi kamera kini makin memudahkan para penggunanya dalam mengabadikan momen-momen seru. Apalagi, hadirnya kamera depan di tiap smartphone dengan resolusi yang makin canggih, juga menjadi nilai lebih bagi kamu yang hobi selfie.

Nah, sebagai penggiat serta pelakunya, tentunya kamu seringkali merasa foto yang dihasilkan kerap menunjukkan hasil yang membuat wajahmu enggak bagus-bagus amat.

Mungkin bukan sepenuhnya salah kamera depanmu, namun bisa jadi salah wajahmu juga yang memang biasa-biasa aja. Namun terlepas dari faktor tersebut, rupanya ada penjelasan ilmiah mengenai hal ini.

BACA JUGA: Bikin Gemes, Selfie Pertama Kylie Jenner Bareng Baby Stormi

Otak Mempengaruhi Muka

Menurut Nolan Feeney dari majalah TIME dan The Atlantic, kebanyakan dari jeleknya hasil selfie yang kamu hasilkan, nyatanya cuma proyeksi dari apa yang biasa kamu lihat.

Otak manusia terlatih untuk mengidentifikasi wajah yang biasa dilihat oleh mata saat bercermin. Itulah mengapa hasil selfie yang kita lihat acapkali mengubah wajah cantik atau ganteng jadi enggak bagus-bagus amat. Parahnya, yang enggak bagus-bagus amat bisa jadi makin tragis hasilnya.

Hasil Selfie Tergantung Emosi

Kenapa tergantung emosi? Karena diri kamu yang terbiasa melihat cermin dengan wajah penuh pesona, secara tidak sadar dan tidak siap secara emosi harus menerima hasil selfie beragam pose yang baru saja kamu lakukan.

Wajah Kamu Memang Asimetris

Terlepas dari kedua hal di atas, faktanya manusia memiliki wajah yang asimetris. Kita sebagai manusia kerap tidak menyadarinya ketika bercermin. Namun, faktor tersebut rupanya muncul saat kamu melakukan selfie, dan kamu harus siap menanggung beban batin ketika melihat hasil jepretan yang tidak karuan.

BACA JUGA: Ini Sebabnya Selfie di Holocaust Memorial seperti Syahrini Tidak Etis

Solusinya? Selfie Tanpa Henti!

Agar kamu terbiasa menerima hasil selfie yang terkadang buruk, berarti kamu harus lebih sering melatihnya. Dengan demikian, otak kamu tidak akan kaget melihat dan akan merasa nyaman terhadap foto yang dihasilkan tersebut.

So, jangan putus asa demi mendapatkan hasil selfie terbaik ya, Sobat Sabi? (sbg/Nico)

Comments