Celana Cingkrang
(Sumber Foto: vitruvianmagazine.com)

Sabigaju.com – Belakangan ini Publik dibuat geger dengan pernyataan Menteri Agama, Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi soal aturan pemakaian celana cingkrang dan cadar bagi ASN.

Fachrul mengatakan, pemakaian celana cingkrang memang tak dilarang agama. Namun menurut Fachrul, ada aturan tentang cara berpakaian ASN di setiap instansi, sehingga ASN akan diberi peringatan jika tak sesuai dengan aturan.

Pernyataan Fachrul terkait celana cingkrang pun langsung mendapati kritik dari sejumlah pihak bahkan pecinta fesyen.

BACA JUGA: Super Cool, Nih Tips Memadupadankan Celana Denim Sesuai Warnanya

Mengenal Mode Celana Cingkrang

Celana cingkrang, atau istilah kekiniannya dikenal dengan celana cropped, bisa dibilang  terinspirasi dari celana yang dipakai anak laki-laki yang tumbuh tinggi namun celana panjangnya terlalu pendek untuk mereka pakai.

Sekilas celana ini juga terlihat mirip dengan celana cropped atau celana capri yang sama-sama punya potongan di atas mata kaki.

Selain itu mode celana  ini juga kerap disebut flood pants atau flooders. Nama ini datang karena celananya dianggap ‘pas lantaran kamu  tak basah saat terjadi banjir.

BACA JUGA:  Wow, Pakai Celana Melorot Bakal Bikin Kamu Kena Hukuman

Celana Cingkrang
(Thom Browne spring/summer 2015 lookbook)

Salah satu yang paling terkenal adalah Michael Jackson. Dia terkenal sebagai orang yang juga mempopulerkan celana cingkrang.

Namun tak sedikit yang menganggap kalau  mengenakan celana ini adalah sebuah kesalahan berbusana dan kerap dikaitkan dengan orang-orang yang tidak bisa berbusana baik.

Mode celana ini mulai berkembang di Indonesia saat melihat tren mode Amerika dan khususnya Korea mengarah ke celana di atas mata kaki.

Mereka memadukan celana cingkrang dengan tambahan kemeja putih dan juga jas formal plus sepatu kulit bertali tanpa kaus kaki.

Mereka biasanya menggunakan gaya busana ini sebagai sebuah gaya busana formal. Hanya saja, gaya formal ini juga masih terlihat santai, rapi, dan juga cool.

BACA JUGA: Nih yang Bikin Kamu Makin keren Saat Memakai Fesyen Celana Pendek! 

Perlukah Celana Cingkrang ditafsir Radikal?

Celana Cingkrang
(Foto: D”marge)

Seharusnya penilaian atas fesyen tidak bisa dilakukan secara serampangan. Sebab menurut Tim Edward selaku pengamat fesyen kondang dalam bukunya yang berjudul Fashion in Focus (2011) menegaskan bahwa penafsiran fesyen secara serampangan akan menghasilkan politik pembedaan.

Politik pembedaan ini pada akhirnya menghasilkan stigma identitas kelompok dan masyarakat apakah berdasarkan kelas, usia, jenis kelamin, ras, orientasi seksual, atau lebih sederhana wujudnya dalam bentuk politik regulasi tubuh.

Harus diakui, mode celana ini membuat gaya seseorang tetap terlihat rapi dan kasual apalagi jika dipadukan dengan sneakers  kerenmu.  Dan kita nggak perlu ikutan  gaduh soal celana ini.  (Sbg/Rig)

Comments