Pekerjaan Baru
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Kamu tentu setuju bahwa mencari pekerjaan baru rupanya tidak semudah yang diperkirakan sebelumnya. Bagi sebagian orang, mencari pekerjaan baru dapat membuat stress.

Tidak jarang hal ini akan membuat orang menjadi frustasi. Mungkin kamu juga termasuk orang yang akan bercerita pada rekan kerjamu bahwa kamu ingin mencari pekerjaan baru.

Namun sebenarnya, perlukah kamu bercerita bahwa kamu ingin mencari pekerjaan baru?

BACA JUGA: Jangan Stres Saat Menjalani Fase Sarjana Pengangguran 

Tentukan Berapa Banyak Teman yang Kamu Percayai

Hal pertama yang harus kamu pikirkan saat ingin bercerita soal kamu yang ingin pindah kerjaan adalah seberapa banyak teman yang kamu percayai.

Pikirkanlah baik-baik soal kolega yang akan kamu ceritakan ini.Apakah mereka adalah orang yang tepat atau kamu juga pernah bertukar keluhan soal hal ini.

Jika memang kamu pernah bercerita soal head-mu serta hal yang remeh temeh dan mereka tidak membocorkan pada siapapun di kantor, berarti kamu dapat bercerita pada mereka.

Kamu juga harus memperingatkan temanmu bahwa mereka harus merahasiakan hal ini. Namun, jika kamu tidak yakin pada mereka, ada baiknya kamu urungkan niatmu.

BACA JUGA:  Jawab Dulu 4 Pertanyaan Ini Sebelum Kamu Resign dari Kantor 

Apakah Rekan Kerjamu Dapat Membantu?

Selanjutnya, perhatikanlah apakah rekan kerjamu dapat membantu. Rekan kerjamu dapat menjadi tambang emas untukmu yang ingin mencari informasi tentang pencarian kerja.

Hal ini tentunya karena mereka memiliki kontak di perusahaan lain, pengetahuan industry orang dalam, serta berbagai wawasan lainnya.

Selain itu, mereka juga tentu sangat akrab dengan pekerjaanmu dan kamu juga adalah rekan kerja yang hebat.

Kamu dapat mulai bertanya mengenai kualifikasi seperti apa yang kira-kira dibutuhkan, gambaran soal lingkungan pekerjaan serta deskripsi pekerjaanmu.

Dengan demikian, kamu pun dapat mulai lebih mempersiapkan dan fokus  dalam soal mencari pekerjaan baru selanjutnya.

BACA JUGA: Penat Saat Harus Mencari Kerja? Begini Cara Mengatasinya!

Kenali Bosmu

Penting sekali untukmu dapat mengenal bosmu. Beberapa bos seringkali mengharapkan laporan langsung dari karyawan yang ia percaya agar dapat mengetahui setiap gosip di kantor.

Hal ini berarti bisa saja bosmu tahu tentang usahamu mencari pekerjaan baru  dan memecatmu terlebih dahulu. (Sbg/Vania)

Comments