Harpitnas
Banyak orang yang bermalas-malasan saat harpitnas padahal seharusnya kita harus produktif di hari kerja. (Foto: Sherborneslaw)

Sabigaju.com – Hari ini, Jumat (8/3) adalah hari yang distilahkan sebagai hari kejepit nasional alias harpitnas, sebutan untuk hari kerja yang diapit oleh hari libur.

Dan seakan sudah menjadi fenomena, meski banyak karyawan yang tetap masuk kantor untuk bekerja di ini, namun ada sebagian orang yang malah memanfaatkannya untuk bermalas-malasan bahkan ada yang berpura-pura sakit agar tidak perlu masuk kerja.

Sepertinya untuk masuk kerja saat hari kejepit seperti saat ini bukan perkara yang mudah untuk dilakukan.

Padahal, apapun alasannya, pada hari kerja adalah sudah menjadi tanggung jawab para pekerja untuk melaksanakan rutinitas dan tugas pokok dalam pekerjaannya.

Begitu pun untuk pelajar dan mahasiswa, ‘hari terjepit’ bukanlah sebuah alasan untuk kita membuat keputusan sendiri dan tidak menjalankan apa yang sudah menjadi kewajiban.

BACA JUGA:

Menyikapi Harpitnas

Jika kamu masih kerja atau kuliah saat Harpitnas? Selamat, berarti kamu sangat berdedikasi dengan pekerjaan dan tanggung jawab kamu.

Sejatinya aturan ketenagakerjaan tidak mengenal ‘Harpitnas’. Jika memang bukan hari libur karyawan wajib masuk kerja. Jika memang berniat tidak masuk, karyawan wajib mengajukan cuti. Karyawan yang tidak masuk tanpa alasan siap-siap kena semprot atasan.

Dan yang lebih menyedihkan lantaran memanfaatkan harpitnas untuk hal diluar urusan kerja kita disebut bangsa pemalas, karena suka sekali buat hari libur.

Kita beruntung di Indonesia cukup banyak tanggal merahnya. Kita sepakat dengan kebijakan pemerintah yang menetapkan Hari Kemerdekaan RI 17 Agustus dan hari-hari besar keagamaan sebagai hari libur nasional. Namun, sulit masuk di akal kalau hari kerja yang terjepit  libur masih dijadikan ajang untuk bermalas-malasan.

Kalau setiap tahun cukup sudah cukup banyak hari kejepit di Indonesia. Maka, bukan sikap yang bijaksana jika kamu selalu malas saat seperti hari ini!

So, lakukan pekerjaan yang sudah menunggu untuk dibereskan. Kita sepakat untuk melalui harpitnas seperti biasa dengan penuh semangat yah! (Sbg/Rig)

Comments