Hari Musik Nasional
Hari ini Sabtu (9/3) para pencinta musik maupun musisi di tanah Air merayakan Hari Musik Nasional 2019. (Foto: Pexels)

Sabigaju.com – Hari ini Sabtu (9/3) para pencinta musik maupun musisi di tanah Air merayakan Hari Musik Nasional sebagai bentuk pengakuan negara untuk eksistensinya.

Perkembangan musik di Indonesia sudah berkembang pesat hingga hari ini. Bahkan perkembangan juga sudah terjadi jauh sebelum Hari Musik Nasional ditetapkan.

Gairah pemusik zaman now seakan tak bisa dibendung. Saat ini, mungkin sudah tidak ada lagi perbedaan musik keluaran major label dengan indie label. Semua punya kualitas serupa sama baiknya.

BACA JUGA

Sulitnya Menjual Karya Fisik  di Era Digital

Di tanah Air pernah suatu waktu mengalami fase penjualan karya para musisi dalam bentuk fisik seperti kaset, piringan hitam hingga Compact Disc alias CD dll, Masa tersebut pun dengan cepat beralih ke era penjualan digital.

Tapi, masih ada juga musisi yang masih setia dengan melakukan penjualan album fisik. lantaran memiliki banyak fans yang loyal ataupun fanatik.

Salah satunya ialah mengemas album dengan lebih unik dengan boxset. Hal itu dilakukan lantaran sulitnya jika hanya menjual cd biasa saja.

Hari Musik Nasional
(Foto: Pexels)

Selain sulit untuk menjual karya fisik musisi, peran label rekaman di era digital ini Terlebih dalam beberapa tahun terakhir fungsi label sudah tergeser dengan media sosial.

Ada begitu banyak band maupun musisi yang berkarya tanpa dinaungi label rekaman. Tapi perlu diingat sekali lagi! Perilaku konsumsi yang berubah di era digital memaksa musikus yang serius untuk memproduksi album.

Yup di era digital ini Semakin terbuka kesempatan menjadi musikus namun sayangnya, kualitas musikus menjadi turun. Pola-pola untuk menggapai ketenaran pun mudah ditangkap. Fenomena membuat cover lagu bisa membuat musikus amatir menjadi cepat terkenal.

Ayo Melek Teknologi!

Kini kemajuan teknologi telah mengubah gaya hidup generasi muda, termasuk cara dan kebiasaan mengonsumsi musik.

Apalagi dengan semakin mudahnya mendapatkan musik digital, sekarang hampir tidak ada celah bagi barang bajakan.

Hari Musik Nasional
(Foto: Unsplash)

Contohnya, jika dulu untuk membeli satu album CD seharga Rp 100 ribu, sekarang dengan sekitar Rp 49 ribu bisa mendengarkan puluhan juta lagu dengan berlangganan sebuah  aplikasi musik.

Semoga momentum  Hari Musik Nasional kamu kamu yang berprofesi sebagai musisi, haruslah cerdas menyikapi kemajuan dan perkembangan teknologi yang ada.

Selamat Hari Musik Nasional 2019. (Sbg/Rig)

Comments