Di hari Lahir Pancasila, Kita perlu upaya baru untuk menghadirkan Pancasila secara kontekstual agar lebih menarik dan tidak hanya di bidang politik yang membosankan. (Foto: Instagram)

Sabigaju.com – Hari ini Sabtu, 1 Juni 2019, segenap bangsa indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila.

Hari lahir Pancasila sendiri resmi ditetapkan jadi Hari Lahir Pancasila lewat Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 Presiden Jokowi.

Jokowi menyampaikan keputusan ini melalui pidato pada peringatan Pidato Bung Karno 1 Juni 1945, di Gedung Merdeka, Bandung pada 1 Juni 2016 lalu. Tanggal 1 Juni juga ditetapkan sebagai hari libur nasional.

Pantauan Sabigaju di dunia maya , tagar #HariLahirPancasila mulai ramai digaungkan warganet saat sejak sahur hingga jelang siang ini. Tagar tersebut pun menjadi trending topik di Indonesia.

BACA JUGA: Yuk Ajari Anak Toleransi Mulai dari Sekarang!

Tantangan Pancasila di Era Teknologi

Namun di era milenial, nilai-nilai luhur Pancasila sudah tidak lagi terjaga dengan baik. Hal itu menjadi fakta yang kurang menggembirakan.

Di era kecanggihan teknologi dan informasi saat ini, peran keluarga kini sedikit tergeser dengan era penggunaan internet dan media sosial, yang secara otomatis mengurangi interaksi antar anggota keluarga.

Sebut saja gaya berinteraksi mereka di dunia maya, yang sangat jauh dari budaya ketimuran. Mereka mencela pihak lain dengan mudah, dan memerdulikan etika dan norma yang berlaku di tengah masyarakat.

BACA JUGA: Yuk Belajar Menerima Kekalahan Biar Kamu Enggak Jadi Perusuh 

Hal lain yang menjadi tantangan juga terlihat pada pudarnya nilai-nilai gotong royong, munculnya sikap individualisme, dan terbentuknya sikap materialistis serta sekularisme.

Selain itu, arus globalisasi seakan telah mampu menciptakan hubungan interpersonal masyarakat Indonesia menjadi lebih individualistik, mementingkan diri sendiri, dan pragmatis.

Sebagai contohnya, kita sebagai manusia yang berketuhanan harus menghargai sesama manusia, saling toleransi terhadap agama, hak, kepercayaan orang lain, tidak hanya mempermasalahkan agama orang lain.

Jangan hanya memikirkan agama saja, tetapi kita sebagai generasi muda juga harus memikirkan masa depan Bangsa dan Negara Indonesia.

BACA JUGA: Gaya Fashion Kabinet Kerja Tampil Beda di Hari Pancasila

Masih Relevankah Pancasila di Era kekinian?

Pancasila masih sangat relevan bagi bangsa Indonesia. Pendiri bangsa dulu memposisikan Pancasila sebagai alat pemersatu.

Jika kita mau menerapkan nilai-nilai Pancasila,  itu bisa dilakukan dengan menjawab permasalahan terutama mengenai masalah penghayatan dan pengamalan Pancasila.

Dan kita perlu upaya baru untuk menghadirkan Pancasila secara kontekstual agar lebih menarik dan tidak hanya di bidang politik yang membosankan.(Sbg/Rig)

Comments