Hari Kartini
Hari ini Minggu (21/4) Bangsa Indonesia memperingati Hari Kartini. (Foto: Twitter)

Sabigaju.com – Hari ini Minggu (21/4) Bangsa Indonesia memperingati Peringatan Hari Kartini

Seperti yang diketahui, Hari Kartini 2019 diperingati sebagai bentuk penghormatan pada tokoh perempuan bernama Raden Ajeng Kartini yang telah berjuang untuk mendapatkan kesetaraan hak perempuan dan laki-laki di masa lalu.

Ada berbagai macam cara untuk memperingati Hari Kartini, satu diantaranya dengan berbagi ucapan, di media sosial seperti Twitter, Instagram dan Facebook.

Pantauan Sabigaju di Twitter pada Minggu (21/4) pukul 8.29 WIB di wilayah Indonesia, dua tagar menjadi populer alias trending di tiga besar, yaitu #KartiniDay di nomor wahid dan #SELAMATHARIKARTINI di nomor ke-tiga. Dua tagar tersebut bertengger di puncak trending Indonesia, bersaing dengan sejumlah tagar lainnya

BACA JUGA: 5 Sosok Kartini Masa Kini yang Mendunia Berkat Prestasinya

Pemberdayaan Perempuan

Kartini telah banyak menginspirasi kaum perempuan masa kini, dan yang paling mudah diangkat sebagai contoh konkret terkait hal ini mungkin dalam bidang pendidikan di mana tidak ada lagi sekat antara perempuan dan haknya untuk mendapatkan pendidikan sejauh ia mampu.

Bahkan, tidak sedikit kaum wanita memiliki kegigihan dan prestasi lebih dari kaum pria dalam berbagai bidang akademik.

BACA JUGA: Demi Lovato dan Christina Aguilera Bicara soal Hak Perempuan lewat Lagu

Cewek yang bisa disebut Kartini masa kini adalah Kamu, cewek yang punya mimpi dan mau berjuang untuk mimpi tersebut.

Menjadi Kartini berarti menjadikan perempuan lebih berarti dan bernilai, untuk sekarang dan juga masa depan.

Peran Lelaki dan Agenda Emansipasi

Namun, adakah porsi bagi laki-laki dalam memaknai Hari Kartini? Apakah perayaan Hari Kartini merupakan ekslusivitas gender bagi para perempuan?

Laki-laki, utamanya para suami dan para calon ayah, juga bisa mengambil pelajaran penting dalam memaknai peringatan Hari Kartini.

BACA JUGA:

Cowok Sejati itu Tidak Melakukan Pelecehan Seksual dan Memerkosa Perempuan!

Pria memerlukan dukungan dari pasangannya untuk tetap berkarya hingga meraih kesuksesan. Tentu saja pria membutuhkan pasangan yang sepadan agar bisa mendukungnya meraih sukses.

Bagaimana mungkin seorang wanita bisa memberikan support pada pasangannya jika ia tidak sepadan? Begitu juga sebaliknya. Setiap manusia pasti mencari pasangan yang sepadan bukan?

Maka pria juga hendaknya mendukung perkembangan wanita agar wanita bisa menjadi pasangan yang sepadan dan memberikan support hingga bisa meraih sukses bersama-sama.

Sudah bukan waktunya lagi saling mempertentangkan isu kesetaraan gender, karena sebenarnya kesetaraan gender dapat membawa kebaikan baik bagi pria dan wanita.

Agenda emansipasi bagi perempuan akan percuma kalau kesadaran soal kesamaan hak tak ada dari laki-laki.

Selamat Hari Kartini. Jayalah para perempuan Indonesia! (Sbg/Rig)

Comments