Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution saat melakukan pre Wedding
Hari ini Selasa (21/11 )Kahiyang Ayu akan mengikuti prosesi pemberian marga Siregar. (Foto: by All Seasons Photo )

Sabigaju.com – Putri Presiden Jokowi yang telah resmi menjadi isteri dari Bobby Nasution yakni Kahiyang Ayu, rencananya hari ini, Selasa, (21/11) akan menjalani prosesi adat Mandailing yakni pemberian marga Siregar.

Adapun pelaksanaan acara adat pemberian marga Siregar kepada Kahiyang Ayu akan berlangsung di kediaman paman Bobby, Doli Siregar di Jalan STM, Medan, Sumatera Utara.

Pantauan Sabigaju dari lokasi, persiapan acara adat pemberian marga tersebut telah selesai dilakukan. Teratak atau tenda untuk pesta tersebut telah berdiri, demikian juga dengan pernak-pernik untuk pesta adat tersebut.

Sebelumnya pada hari Minggu (19/10) Kahiyang telah menjalani prosesi adat pertama dalam rangkaian acara pernikahan Adat mandailing yakni prosesi Haroroan Boru di Kota Medan, Sumatera Utara.

Alasan Pemberian Marga untuk  Kahiyang Ayu

Adapun paman Bobby, Doli Sinomba Siregar menjelaskan, prosesi adat pemberian marga kepada Kahiyang Ayu disebut Mangalehan Marga. Prosesi ini dilakukan karena Kahiyang adalah putri Solo yang tentu tidak punya marga.

“Karena kita ketahui, pada etnik Jawa tidak dikenal adanya marga. Dalam adat Mandailing apabila seorang mempelai wanita belum punya marga, maka salah satu acara penting ialah pemberian marga kepada mempelai wanita,” jelas Doli, kepada para awak media di Medan, Senin (20/11)

Kahiyang Ayu saat mengenakan kain tenun ulos
Kahiyang Ayu mengenakan kain tenun khas suku Batak, Ulos (Foto: Allseasons-photo.com)

Kahiyang akan diberi marga Siregar, karena marga ini adalah marga ibunda Bobby, Ade Hanifah Siregar, yang disapa Kahiyang sebagai Namboru atau Ibu Mertua. Dengan kata lain, agar jelas kedudukan Kahiyang dalam lembaga adat Dalian Na Tolu dan martutur.

“Itulah sebabnya acara pemberian marga ini diadakan di rumah Doli Sinomba Siregar, tulang atau kakak laki-lakinya ibundanya Bobby. Di rumah saya,” ungkap Doli.

Acara pemberian marga Siregar kepada Kahiyang juga dihadiri para pengetua adat dan raja-raja Mandailing, terutama dari marga Nasution dan Siregar.

Jokowi Hanya akan Menjadi Saksi Prosesi Adat Untuk Kahiyang

Presiden Jokowi dan Ibu Negara, Iriana, nantinya hanya akan menjadi saksi dalam prosesi adat pemberian marga  Siregar untuk Kahiyang Ayu.

Presiden Jokowi juga mengaku tidak mengurusi prosesi pernikahan adat Mandailing Bobby Nasution dengan Kahiyang Ayu di Medan. Namun demikian, Presiden Jokowi akan hadir di Acara Horja Godang itu selaku Kepala Negara dan ayah kandung dari Kahiyang Ayu.

Kahiyang Ayu dan bobby mengenakan busana dengan nuansa batak
Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. (Foto: by All Seasons Photo )

Menurutnya, urusan pesta pernikahan pihak keluarga perempuan telah usai saat berakhirnya acara resepsi pernikahan di Solo, Jawa Tengah, pada Rabu, (8/11) lalu.

“Ini urusannya urusan ngunduh mantu (Horja Godang), nanyanya ke sana (ke keluarga Bobby di Medan), bukan ke sini. Urusan mantu saya sudah selesai ya,” ucap Jokowi kepada awak media di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (20/11). (Sbg/Rig)

Comments