Hari Ayah 2018
Hari ini lini masa berbagai sosial media hingga mesin pencarian google menggemakan peringatan Hari Ayah 2018. (Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Hari ini Senin (12/11) linimasa Twitter dibanjiri dengan berbagai ungkapan dari warganet yang menggemakan peringatan Hari Ayah 2018.

Di Indonesia, Hari Ayah diperingati sejak tahun 2006 setiap tanggal 12 November. Hari Ayah 2018 menjadi simbol untuk mengucapkan rasa syukur dan terima kasih atas semua jasa serta pengorbanan ayah untuk anak-anaknya.

Karena itu, Hari Ayah 2018 menjadi trending topik di media sosial khususnya jagat Twitter Indonesia hari ini.

BACA JUGA:

Google Rayakan Hari Ayah 2018

Momen peringatan Hari Ayah pun diwarnai dengan munculnya doodle khusus pada mesin pencari Google.

Perusahaan mesin pencari yang berbasis di Montain View, California, Amerika Serikat tersebut memang kerap menciptakan gambar-gambar tertentu untuk mengganti logo mereka sendiri dalam memperingati hari-hari spesial. Hari Ayah ini pun tak lepas jadi salah satunya.

Kali ini, Google Doodle memperlihatkan enam buah telapak tangan berwarna-warni, yaitu biru, merah, kuning, dan hijau. Bukan telapak tangan biasa, bentuknya menyerupai seekor dinosaurus jenis sauropoda yang berleher panjang.

Selain itu, daftar pencarian di Google Trends pun menunjukkan “Hari Ayah” sebagai kata kunci paling banyak dimasukkan hari ini. Lebih dari 200 ribu pencarian digunakan lewat dua kata tersebut.

Selain itu, pencarian menggunakan “Hari Ayah 2018” dan “hari ayah pada tanggal” juga cukup banyak dilakukan. Jika dimasukkan, biasanya yang muncul adalah ucapan-ucapan untuk sosok orang tua laki-laki itu.

Indonesia sendiri menjadi satu-satunya negara di dunia yang merayakan Hari Ayah pada 12 November. Selain itu, Hari Ayah di Indonesia juga berbarengan dengan Hari Kesehatan Nasional.

Sekilas Sejarah Hari Ayah

Hari Ayah lahir atas prakarsa paguyuban Satu Hati, lintas agama dan budaya yang bernama Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP). Saat itu PPIP mengadakan peringatan Hari Ibu di Solo dengan cara mengadakan Sayembara Menulis Surat untuk Ibu.

Acara tersebut mendapat sambutan cukup baik dan mendapatkan sekitar 70 surat terbaik yang kemudian dibukukan.

Beberapa surat terbaik tersebut dibacakan oleh peserta yang terdiri dari anak-anak usia SD, SMP, SMA, Mahasiswa serta umum. Moment tersebut kian mengharukan ketika anak-anak yatim piatu melakukan sungkeman pada ibu-ibu dari Panti Jompo.

Usai acara, panitia penyelenggara dibuat terkejut dengan pertanyaan para peserta, ”Kapan diadakan Sayembara Menulis Surat untuk Ayah? Kapan Peringatan Hari Ayah? Kami pasti ikut lagi.”

Hingga akhirnya, setelah melalui kajian yang cukup panjang, Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi menggelar deklarasi Hari Ayah untuk Indonesia dan menetapkan tanggal 12 November sebagai Peringatan Hari Ayah Nasional.

Selamat Hari Ayah 2018.

Comments