Hari Anak
Di Hari Anak Nasional ini tibul pertanyaan bagaimana membesarkan anak dalam situasi dimana gadget dan teknologi yang kian berkembang seperti saat ini. Pilih pro atau kontra? Atau ada jalan tengah?(Sumber Foto: Via techspot.com)

Sabigaju.com – Hari ini Selasa, 23 Juli 2019 diperingati sebagai Hari Anak Nasional (HAN) Nah, biasanya dalam setiap peringatan HAN, seluruh sekolah di Tanah Air menyelenggarakan acara budaya dan pendidikan.

Berbeda dengan era sebelumnya saat anak-anak dibesarkan lewat keseharian yang sederhana, anak-anak jaman now justru seakan tak bisa dipisahkan dari gadget dan teknologi.

Ada yang pro untuk membesarkan anak seiring dengan memperkenalkan teknologi maupun gadget, tapi,  tak sedikit yang menentangnya.

Lantas, bagaimana membesarkan anak dalam situasi dimana gadget dan teknologi yang kian berkembang seperti saat ini. Pilih pro atau kontra? Atau ada jalan tengah?

BACA JUGA: Sexting Rentan Dilakukan oleh Anak, Begini Mewaspadainya 

Antara Pro dan Kontra

Bagi para orangtua yang memberikan aturan ketat melarang anak menggunakan gadget tentunya bukan tanpa alasan. Mereka sangat ketakutan dan khawatir akan dampak gadget pada tumbuh kembang anak.

Sementara bagi yang pro punya anggapan bahwa kemajuan teknologi di masa depan adalah salah satu alasan bagi mereka untuk memperkenalkan anak kepada gadget agar mereka tidak gagap di kemudian hari.

Sebenarnya ada sebuah sikap sederhana. Pilihan untuk membatasi penggunaan gadget anak adalah jalan tengah. Jika orangtua menggunakan gawai secara bijak dan disiplin, bukan tak mungkin kecerdasan anak terstimulasi, kan?

Nah, terlepas dari sikap pro kontra, sebagai orangtua kita sudah harus melek teknologi, sebab dengan begitu kita dapat mengetahui dan membatasi ataupun mengawasi anak  dan penggunaan gadget

Berikut ini, tiga kecanggihan gawai yang dapat dimanfaatkan orangtua untuk meningkatkan kecerdasan anak.

BACA JUGA: Waspada! 5 Gadget Ini Berbahaya Jika Digunakan oleh Balita

Membaca dan mendongeng

Membaca dan mendongeng secara digital, mengapa tidak? Dalam aplikasi ponsel pintar, Kamu sebagai orangtua  dapat memilih bahan bacaan khusus anak-anak, lalu ceritakan isinya.

Kalau anak sudah mampu membaca, libatkan dia dalam memilih bahan cerita. Proses tersebut tidak hanya menambah kosakata, tapi juga melatih daya imajinasi, membantu kemampuan menulis, dan mempererat ikatan orangtua dan anak.

BACA JUGA: Permainan Anak Ini, Tergantikan oleh Gadget 

Game

Tidak selamanya, game itu buruk. Sebelum bermain, pastikan Anda telah memilih game yang sesuai usia sang buah hati dan edukatif.

Misalnya, game bersifat yang kasual, memori, atau mengatur strategi sederhana. Kamu sebagai orangtua pun bisa menemaninya bermain game daring (online) sebagai mitra dalam game tersebut.

Bernyanyi atau Bermain Musik

Jika anak  kamu gemar bernyanyi atau mendengarkan musik, unduh aplikasi musik untuk anak atau aplikasi karaoke.

Bersama Si Kecil, Anda bisa bernyanyi sekaligus menghafal lirik. Selain itu, bernyanyi bisa membuatnya merasa gembira, aktif secara fisik (menggerakkan badan), serta memperkuat ingatan.

BACA JUGA: Selamat Datang Generasi Alpha! 

Jika ia lebih suka bermain alat musik, cari saja aplikasi alat musik digital. Banyak aplikasi musik digital yang bisa kamu pilih sesuai dengan kecenderungan kegemaran anak terhadap alat musik tertentu.

Sebab, tak menutup kemungkinan,  anak kamu bakal menjadi musisi handal dari kemajuan teknologi, bukan?

Kini Timbul pertanyaan di Hari Anak Nasional? Apakah kamu sudah siap menjadi orangtua yang melek teknologi? (Sbg/Rig)

Comments