Hari AIDS Sedunia
Hari ini Sabtu ! Desember 2018 warga duniasecara beramai-ramai memperingati Hari AIDS Sedunia. (Foto Twitter)

Sabigaju.com – Hari ini Sabtu (1/12) warga dunia beramai-ramai memperingati Hari AIDS sedunia. AIDS merupakan kependekan dari Acquired Immunodeficiency Syndrome atau Acquired Immune Deficiency Syndrome . Penyakit AIDS dibawa oleh virus human immunodeficiency virus alias HIV.

Lantaran obat-obat yang ada saat ini hanya mampu untuk memperlambat perkembangan virus HIV, tapi tidak bisa mematikan. Maka pencegahan dinilai lebih penting untuk mengedukasi tentang bahaya penyakit dan virus itu.

Hingga saat ini , ada sekitar 41 jenis obat yang dapat dipakai untuk melawan virus HIV/AIDS. Asalkan dipakai dengan perhitungan serta diberikan pada saat yang tepat, obat-obatan tersebut kemungkinan besar bakal bekerja secara maksimal. Dan pada akhirnya, di tengah perayaan Hari AIDS Sedunia, harapan untuk melawan virus ini terus menyala.

BACA JUGA:

Netizen Peringati Hari AIDS Sedunia

Cuitan tentang hari AIDS sedunia inipun menjadi trending topic di linimasa Twitter, lengkap dengan #HariAidsSedunia dan #WorldAIDSDay dengan tanda pita merah di dalamnya.

Pantauan Tekno Liputan6.com di linimasa Twitter, Sabtu (1/12/2018), cuitan mengenai kesadaran tentang penyakit HIV/AIDS inipun bertebaran di situs mikroblogging itu.

Tidak hanya itu, warganet juga saling berbagi informasi mengenai AIDS dan juga dukungan bagi orang-orang yang menderita penyakit ini.

Sejarah Hari AIDS Sedunia

Tahun ini merupakan peringatan Hari AIDS ke-29. Hari AIDS pertama kali dicetuskan pada Agustus 1987 oleh James W. Bunn dan Thomas Netter, dua pejabat informasi masyarakat untuk Program AIDS Global di Organisasi Kesehatan Sedunia di Geneva, Swiss.

Mereka menyajikan ide mereka kepada Dr. Jonathan Mann, Direktur Program AIDS Global. Ide mereka pun akhirnya disetujui oleh Dr Mann. Tahun 1998, konsep ini digagas saat pertemuan Pertemuan Menteri Kesehatan se-dunia mengenai program-program untuk pencegahan AIDS.

Sejak saat itu, tanggal 1 Desember diperingati oleh pihak pemerintah, organisasi internasional, dan yayasan amal di seluruh dunia sebagai Hari Aids sedunia.
Program Bersama PBB untuk HIV/AIDS (UNAIDS) mulai bekerja pada 1996. UNAIDS menciptakan kampanye AIDS sedunia pada tahun 1997 untuk melakukan komunikasi, pencegahan, dan pendidikan sepanjang tahun.

Hingga tahun 2014, UNAIDS memilih tema-tema tahunan melalui konsultasi dengan organisasi-organisasi kesehatan global lainnya. Namun, sejak tahun 2008, tema hari aids sedunia dipilih oleh komite Pengarah Global Kampanye Hari AIDS Sedunia setelah melalui konsultasi yang luas dengan banyak pihak, organisasi, dan lembaga-lembaga pemerintah yang terlibat dalam pencegahan dan perawatan korban HIV/AID. (Sbg/Rig)

Comments