Ilustrasi Hara Hachi Bu
(Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Penduduk Okinawa, Di Jepang dikenal memiliki usia yang panjang lantaraan  selalu mengucap mantra Hara Hachi Bu saat menyantap makanan.

Hara Hachi Bu sebenarnya adalah filosofi makan orang Okinawa.yang mengajak orang untuk makan sampai mereka 80 persen kenyang. Artinya, jangan makan sampai perut benar-benar penuh, sisakan setidaknya 20 persen area kosong pada perut.

Nah bagaimana sebenarnya pola kerja filosofis dari  Hara Hari Bu ini sximak ulasannya berikut ini

BACA JUGA: Pola Makan yang Bikin Panjang Umur Itu Nggak Asal Kenyang

Pola Kerja

Dalam filosofi Hara Hachi Bu, ruang kosong yang ada di perut membantu memudahkan proses pencampuran makanan dengan asam lambung. Jika perut terlalu penuh maka makanan dan asam lambung tidak akan bisa diproses dengan efisien.

Ketika makanan yang masuk dalam perut sudah sesuai dengan takaran maka, proses penyerapan nutrisi juga akan berjalan dengan baik. Lantas bagaimana menyiasati perut agar tidak mengasup makanan terlalu banyak?

Intinya adalah mengontrol porsi makanan. Tetaplah fokus saat sedang makan agar kamu bisa memprediksi seberapa banyak makanan yang harus masuk ke dalam perut.

Turunkan Tempo Makan

Filosofi  Hara Hachiki Bu  menganjurkan agar seseorang menurunkan tempo saat menyantap makanan dari cepat ke lambat dan tenang dapat memberi tubuh cukup waktu untuk memberitahukan bahwa perut telah kenyang.

Makanan yang disantap juga harus dikunyah dengan baik hingga benar-benar lumat dan hancur.

Setidaknya dibutuhkan waktu 15-20 menit makan tanpa gangguan aktivitas lain. Hindari makan berlebihan, termasuk untuk makanan favorit kamu sekalipun.

BACA JUGA: Sikap Optimis Bikin Tidur Lebih Nyeyak dan Panjang Umur 

Tidak Ada Pantangan Makan

Dalam filosfi Hara Hachi Bu tidak ada anjuran jenis makanan tertentu yang boleh dimakan. Semua makanan boleh disantap asalkan rendah kalori.

Laporan dari Huffington Post menyebutkan, filosofi Hara Hachi Bu orang Okinawa diterapkan dengan menyantap makanan rendah kalori seperti kentang manis, sayuran berdaun hijau atau kuning, tahu, pare, makanan laut dalam jumlah sedikit, daging tanpa lemak, buah dan teh, atau makanan khas seperti sup miso, tumis sayur, dan lauk rumput laut lengkap dengan teh melati.

Penduduk Okinawa menyantap 300 gram sayuran perhari.  Mereka makan sayuran segar sebagai salad, menjadikan sayuran sebagai lauk makan serta menyantap sayuran sebagai makanan selingan.

BACA JUGA: Daging Nabati, Kaya Protein dan Bikin Panjang Umur

Sayuran ini bisa ditambahkan aneka kacang seperti kedelai atau jenis biji-bijian seperti wijen, biji labu dan biji bunga matahari.

Makanan orang Jepang banyak mengandung kedelai dan rami, yang merupakan sumber fitoestrogen yang memperlambat pengeroposan tulang akibat menopause.

Jika seseorang menerapkan filosofi makan Hara Hachi Bu bisa memiliki tingkat kolesterol yang rendah dengan kadar homosistein rendah. Selain itu Radikal bebas dalam tubuh orang-orang yang menjalani filosofi makan ini terbilang rendah.

Kamu siap nggak menerapkan filosofi makan  Hara Hachi Bu? (Sbg/Rig)

Comments