Sabigaju.com – Kalau kamu punya akun Facebook, sudah sebaiknya kamu kenal dengan Mark Zuckerberg. Ya, ia adalah founder dari jejaring sosial Facebook yang sudah hampir sepuluh tahun ini digandrungi masyarakat dunia.

Walau sempat terbelit kasus pembocoran data user, nyatanya Facebook masih diminati hingga kini. Berbeda dengan Friendster yang sudah terhempas angin atau Path yang sudah mulai sepi pengguna.

Baca juga: Tegang Saat Sidang, Mark Zuckerberg Jadi Bahan Candaan

Nah, hari ini (14/5) Mark Zuckerberg sedang berulang tahun yang ke-34. Sudah seyogyanya kamu tak hanya tahu nama, tapi mulai menyusur kisah hidup Mark Zuckerberg yang inspiratif.

Suka Komputer dari Usia Dini

Jangan heran kalau Mark sukses membesut jejaring sosial terbesar di dunia. Pasalnya, ia sudah menyukai komputer dari usia 12 tahun. Nah jika pada usia ini mungkin kamu masih senang bermain Playstation, Mark sudah membuat sebuah program yang sangat berguna di rumah keluarganya, loh!

Nama program itu adalah Zucknet. Berkat program ini, usaha praktik dokter gigi ayahnya berjalan mulus. Zucknet membuat perawat di meja depan klinik tak perlu berteriak dan menghampiri sang dokter jika ada keperluan.

(Foto: thenewdaily.com.au)

Kemudian pada sekolah menengah, Mark juga berhasil membuat software musik bernama Synapse. Software ini sempat hendak dibeli oleh perusahaan teknologi raksasa, Microsoft. Berkat kelihaiannya, Mark juga sempat ditawari bekerja di sana. Namun kedua hal tersebut ia tolak mentah-mentah.

Kehidupannya di Harvard

Usai lulus sekolah menengah, Mark memulai kehidupan kuliahnya si Universitas Harvard. Tak seperti kebanyakan mahasiswa yang sekadar belajar, Mark juga berpartisipasi sebagai developer di kampusnya. Ia pernah membuat program bernama CourseMatch yang sangat membantu para mahasiswa. Sebuah software unik bernama Facemash juga ia ciptakan. Seluruh mahasiswa bisa melakukan voting, mana yang lebih interaktif di antara dua mahasiswa lain lewat sebuah foto.

Kemudian, sebuah jejaring sosial pertama yang ia ciptakan adalah Harvard Connection yang populer di kampusnya. Tak selang berapa lama ia keluar dan membuat jejaring sosial baru bersama ketiga temannya yang mereka sebut dengan Facebook. Baru setengah tahun rilis, Facebook sudah digunakan oleh satu juta warga dari seluruh dunia.

Quotes Inspirarif dari Mark Zuckenrberg

Tak hanya kisah hidupnya yang mampu menginspirasi banyak orang, kutipan CEO Facebook ini juga bersifat serupa.

By giving people the power to share, we’re making the world more transparent.

Ya, dengan memberi kekuatan untuk dibagi dengan orang lain, kita bisa membuat dunia begitu transparan dan nyata.

I think a simple rule of business is, if you do the things that are easier first, then you can actually make a lot of progress.

Nah, ini buat kamu yang mau berbisnis. Kata Mark, aturan simpel dari bisnis adalah kerjakan dulu dari yang paling mudah. Nanti pasti akan terlihat progresnya.

Facebook was not originally created to be a company. It was built to accomplish a social mission – to make the world more open and connected.

Ternyata sebuah karya dari niat yang murni dan baik bisa menghasilkan sesuatu yang lebih besar ya.

Itu dia sedikit tentang Mark Zuckerberg yang bisa Sabigaju ulas. So, happy belated birthday Mark! (Sbg/Dinda)

Comments