Makan siang dengan Klien
Lewat makan siang dengan klien, dengan begitu kamu bisa mengetahui lebih banyak info-info dari rekan kerja atau business partner dalam suasana yang tidak terlalu formal. (Sumber: Apple Spice)

Sabigaju.com – Salah satu cara melakukan pertemuan dengan rekan bisnis ataupun klien dapat dilakukan lewat makan siang dengan klien, dengan begitu kamu bisa mengetahui lebih banyak info-info dari rekan kerja atau business partner dalam suasana yang tidak terlalu formal.

Tapi kalau kamu ingin melakukan makan siang dengan klien harus memperhatikan berbagai hal sebab momen tersebut bagai pedang bermata dua.

Yup, selain dapat memberi kesan positif tapi bisa juga menghancurkan reputasi kamu sebagai seorang profesional.

Satu hal yang harus kamu ingat adalah makan siang dengan klien bukanlah tentang makanan. Melainkan mengenai bisnis dan kesepakatan yang sedang kamu coba raih.

Nah kali Ini Sabigaju mau kasih beberapa buat kamu tips agar momen makan siang bersama klien sukses mencapai kesepakatan bisnis. Simak ulasannya berikut ini.

BACA JUGA: Makanan Favorit dan Kebiasaan Makan Siang Para Pekerja di 5 Negara

1. Harus Nyaman

Bila kamu berinisiatif menjadi tuan rumah untuk mengadakan makan siang dengan klien, pastikan untuk memilih lokasi yang benar-benar nyaman.

Kamu juga sebaiknya juga tidak membuang-buang waktu klien maka pertimbangkan juga tentang waktu tunggu saat kamu melakukan makan siang dengan klien di restoran.

2. Perhatikan Soal Pakaian

Saat kamu memutuskan untuk makan siang dengan klien, kamu harus memperhatikan busana yang akan dikenakan. Usahakan memperhatikan pakaian yang sesuai dengan jenis restoran yang akan dikunjungi.

Bila kamu muncul dengan setelan pakaian atau smart dress di restoran kasual, itu hanya akan membuat kamu terlihat aneh dan bisa meruntuhkan rasa percaya diri.

Untuk itu, pastikan kamu melakukan riset tentang restoran tersebut sebelum pergi. Dengan begitu, Anda tidak akan salah kostum.

BACA JUGA: Selamatkan Dunia dengan Tidak Menyia-nyiakan Makanan

3. Soal Pilihan Menu

Poin penting lain yang harus kamu perhatikan saat melakukan makan siang dengan klien adalah pertimbangkan pilihan menu ketika memilih restoran.

Bila klien yang ingin kamu kamu lebih suka makanan vegetarian, pastikan ada beberapa pilihan pada menu yang ditawarkan.

Jadi, ada baiknya bila Anda menanyakan pada klien apakah ia memiliki alergi makanan atau tidak.

4. Cobalah Pembicaraan Ringan

Pembicaraan ringan cukup vital dalam networking dan kamu perlu membentuk sebuah ikatan atas kepentingan bersama dengan mengenal orang lain di luar peran pekerjaanmu.

Cobalah untuk memulai pembicaraan ringan, agar suasana tidak hening ataupun canggung.

Kamu dapat berbicara dengan klien tentang cuaca, hobi kegemaran mereka, hewan peliharaan, dan passion mereka dalam hidup.

BACA JUGA: Empat Pikiran Negatif yang Harus Disingkirkan Agar Hidup Lebih Bahagia

5. Soal Table Manner

Aturan umum ketika melakukan business lunch dengan klien atau dengan siapapun di restoran adalah dengan menunjukan table manner yang tepat.

Pastikan untuk  hanya minum dari gelas kamu sendiri, gunakan alat makan dengan benar, kunyah makanan tanpa bersuara, serta tidak mengambil makanan ketika masih ada makanan di mulut.

6. Pantang Bila Klien Bayar harus Membayar

Ingat! saat kamu mengundang klien untuk makan siang maka kamu wajib untuk membayar tagihan.

Jangan menciptakan suasana canggung dengan berdebat siapa yang akan membayar atau melihat jumlah tagihan terlalu lama.

BACA JUGA: Penggemar Brunch Harus Coba 5 Lokasi Mewah di Ibukota Jakarta

Akan jauh lebih baik bila kamu langsung meminta tagihan, dan memberi kartu pembayaran untuk memproses pembayaran. untuk menghindari terlalu lama menunggu paska makan siang dengan klien.

Semoga sukses dan selamat makan siang. (Sbg/Rig)

Comments