Sabigaju.com – Bagi kamu pecinta hidup sehat, seringkali makan makanan bernutrisi serta berolahraga menjadi prioritasmu. Tapi, tahukah kamu bahwa selain menjaga pola makan serta berolahraga, ada hal-hal lain yang seharusnya kamu hindari? Hati-hatilah, karena tanpa kamu sadari hal sepele ini bisa merusak kesehatanmu.

1. Lupa Mengaplikasikan Sunscreen

Tahukah kamu bahwa penggunaan sunscreen dengan SPF 15 atau lebih tinggi dapat mengurangi risiko terkena melanoma sebesar hingga 50 persen? Melanoma sendiri adalah penyakit kanker kulit yang paling serius serta berkembang dengan gangguan sel (melanosit) yang memproduksi melamin atau pigmen baru yang menentukan warna kulit.

2. Duduk Terlalu Lama

Berdasarkan sebuah survei pada tahun 2013, sebanyak 86 persen orang Amerika menghabiskan waktu mereka untuk duduk. Hal ini didukung oleh banyaknya aktivitas yang dilakukan dengan cara duduk. Padahal, kebiasaan ini jelas tidak baik karena bisa menyebabkan diabetes serta menurunkan produktivitas. Untuk mengatasinya, cobalah untuk sesekali berdiri saat tengah bekerja dan parkirlah mobilmu agak jauh dari tempatmu bekerja sehingga mau tidak mau kamu harus berjalan untuk mencapai mobilmu.

3. Menjadikan Kopi sebagai Minuman Pertamamu di Pagi Hari

Riset memang membuktikan bahwa kafein dapat menurunkan risiko terkena diabetes serta baik untuk metabolismemu. Tapi, hal ini bukan berarti bahwa kopi adalah minuman terbaik pertama untukmu di pagi hari. Eliza Savage, seorang nutrisionis, menyebutkan bahwa ketika tidur manusia berpuasa secara natural dengan tidak makan maupun minum. Pada waktu ini, sangat mungkin kamu menjadi dehidrasi. Meminum kopi sebelum meminum minuman lain di pagi hari hanya akan membuat dehidrasimu menjadi semakin parah. Sebagai gantinya, minumlah beberapa gelas air putih sebelum meminum kopi di pagi hari.

4. Makan secara Terburu-buru

Pekerjaan yang sibuk tentu pernah memaksamu melakukan kegiatan multitasking: mengerjakan pekerjaan sambil makan. Kamu mungkin merasa itu baik-baik saja, tapi sebenarnya kegiatan ini tidak baik. Kamu harus makan dengan santai dan rileks sebab makan dalam keadaan stress justru akan berdampak negatif terhadap pencernaanmu. Hal ini dikemukakan oleh Jennie Miremadi, ahli gizi klinis dari Los Angeles. Dia menambahkan bahwa mengunyah secara terburu-buru akan menyebabkan makan berlebih sehingga terjadi penambahaan berat badan dan stress pencernaan.

5. Sikat Gigi yang Tidak Higienis

Menurut penelitian, sikat gigimu bisa saja dihinggapi tumpahan kuman, sejumlah bakteri termasuk kotoran. Chris Kammer dari American Academy for Oral Systemic Health menekankan bahwa meninggalkan sikat gigi di tempat terbuka kamar mandi adalah salah satu kesalahan utama. Untuk itu, pastikan bahwa kamu sering membersihkan atau mengganti sikat gigimu secara berkala. Gantilah sikat gigimu setiap tiga sampai empat bulan sekali dan bilaslah sikat gigimu dengan bersih. Selain itu, jangan pernah berbagi sikat gigi dengan orang lain.

Itulah beberapa kebiasaan sepele yang bisa merusak kesehatanmu. Berhati-hatilah dan tetap jaga kesehatanmu ya, Sobat Sabi! (Sbg/Vania) 

Comments