Twitteran
Ada beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan saat kamu asyik Twitteran agar akunmu aman dan terhindar dari pemblokiran. (Foto: Pixabay)

Sabigaju.com – Hari ini Sabtu (15/6) lini masa Twitter Indonesia diramaikan dengan cuitan netizen yang mengusung tagar Resiko Twitteran.

Lewat tagar netizen mencuitkan berbagai pengalaman menjadi penghuni Twitter. Sebagian kalimat mereka, justru mirip testimoni yang memuji kelebihan media sosial berlogo Burung Biru tersebut.

Tak sedikit netizen yang melontarkan candaan garing, #ResikoTwitteran, juga disertai cuitan yang bernada kocak. Namun, ada pula yang terkesan serius.

Tetapi, netizen rata-rata mengungkapkan tentang kenyamanan memakai Twitter sebagai wadah untuk berekspresi, dan hal ini tak didapat di media sosial lain.

Namun demikian Twitter bisa menjadi musuh bagi hidup kita. Contohnya, ada karyawan yang dipecat hanya karena tweet-nya di Twitter. Ada pula kasus phising yang merugikan, juga pemblokiran dari pemerintah.

Nah kali ini Sabigaju mau bagi tips buat untuk menjaga akun Twitter, agar terhindar dari penyalahgunaan, virus, spam, phising, dan juga pemblokiran. Cek yah guys!

BACA JUGA: Riuhnya Platform Twitter, Sudah Capai 125 Juta Pengguna Aktif Harian 

Think Before You Tweet

Saat kamu asyik Twitteran satu hal yang pantang kamu lakukan adalah Jangan pernah berbagi alamat e-mail Anda, alamat rumah atau kantor, nomor telepon, dan informasi lainnya yang mengungkapkan privasimu.

Selain itu, jika kamu merasa tidak membutuhkannya, jangan aktifkan fitur geotagging pada Twittermu sehingga tweet-tweetmu tidak akan disertai dengan lokasi dimana anda melakukan tweet.

BACA JUGA: Cuitan Fatal, Admin Twitter Presiden Jokowi Dipecat!

Amankan Password

Hal lain yang harus kamu perhatikan agar asyik twitteran adalah  mengamankan password agar terhindar dari serangan hacker yang berusaha memperoleh akses ke akun Twitter mu

Gunakan password yang sulit ditebak dan ubah password akun Twittermu secara reguler, misalnya setiap 4 atau 6 minggu.

Selain itu gunakan antivirus dan firewall Twitter hal itu  akan lebih melindungi akunmu dari spam ataupun virus berbahaya yang mungkin menyusup melalui link dari DM atau short URL.

Menggunakan antivirus dan firewall sangat membantu melindungi akun jejaring sosial yang kamu miliki.

BACA JUGA: Cuitan Jutawan Jepang, Yusaku Maezawa Pecahkan Rekor di Twitter

Waspada Serangan Malware or Phising

Kalau kamu lagi twitteran  dan dapat kiriman link, Cek dulu  yah sob dan jangan asal buka! Soalnya short URL sebelum di-klik Link website pendek (short URL) sering digunakan untuk menyembunyikan alamat web yang tidak aman.

Meng-klik dan mengunjungi website yang tidak aman bisa  menyebabkan bahaya malware, situs phising, dan lainnya.

Jika kamu menggunakan Tweetdeck, aktifkan pilihan “Show Preview Information for Short URL”. Jika Anda menggunakan Firefox, maka gunakan add-on seperti Long URL Mobile Expander atau DeTiny URL Expander.

Semua pilihan ini membantumu mengetahui isi link sebelum membuka halaman web dengan pratinjau.

BACA JUGA: Begini Seharusnya Seorang Cowok Gentleman Bermedia Sosial 

Waspadai Gangguan Direct Message (DM)

Jika saat sedang twitteran kamu mendapatkan kiriman Dm berupa link dari orang yang belum kamu kenal dan jangan langsung percaya dan membuka link tersebut.

Bisa jadi link itu dikirimkan oleh hacker yang berhasil mengirimkan link spam ke dalam DM.

Cara menjaga akun Twitter adalah jangan buka link tersebut jika kamu belum yakin link tersebut aman.

Jangan lupa tanyakan kepada pengirim melalui mention agar Anda memastikan link tersebut memang dikirim oleh pemilik akun dan terjamin aman.

BACA JUGA: Rayakan Kebangkitan Twitter, Netizen Usung Tagar #RameDiTwitter 

Ada Batasan dalam Twitter

Kamu mesti tahu nih, Twitter memiliki batasan-batasan tertentu terhadap penggunaan akun.

Jika kamu keasyikan twitteran dengan menggunakan akun secara berlebihan,  maka akun milikmu bakal terblokir sementara karena dianggap spam.

So, abaikan tawaran yang menjanjikan Anda bisa memiliki ratusan follower dalam waktu singkat. Anda juga harus tahu bahwa Anda hanya bisa mem-follow 2000 akun, sebelum bisa menambah jumlah following.

Jika jumlah “follower” Anda jumlahnya tidak seimbang dengan yang Anda follow. Selain itu, Anda hanya punya batas mengirim maksimal 1000 tweet dan 250 DM setiap hari.

Melakukan “unfollow” ratusan akun dalam sehari bisa membuat akun Twittermu terblokir sementara.

BACA JUGA: Nih, Hal Positif yang Bakal Kamu Dapatkan Bila Aktif di Socmed 

Jangan Bikin Akun Samaran Kalau Mau Asyik Twitteran

Sebaiknya nama akun yang  kamu gunakan adalah nama asli aja yah, sehingga orang lain tidak akan bisa menggunakannya untuk penipuan.

Jika kamu menemukan akun palsu yang mengatasnamakan dirimu, laporkan kepada Twitter dengan mengirim email ke [email protected]

.Ok, itu tadi tipsnya dan selamat Twitteran. (Sbg/Rig)

Comments