Ilustrai Takbiran Virtual
(sumber Freepik.com)

Sabigaju.com – Salah satu tradisi rutin yang selalu berlangsung jelang perayaan Idul Fitri di Tanah Air adalah momen takbiran.

Momen takbiran biasa dilakukan dengan pawai di jalan, kadang-kadang membawa obor dan bedug sambil mengumandangkan kalimat takbir.

Mulai dari orang dewasa hingga anak-anak turut antusias mengikuti momentakbiran keliling kampung. Tak jarang, malam takbiran juga dihiasi dengan petasan-petasan dan kembang api yang menyemarakkan malam. Suasana malam takbiran pun makin meriah dan menyenangkan.

Namun dalam  kondisi wabah pandemi virus corona saat in, masyarakat dihimbau agar momen takbiran kali ini dilaksanakan di rumah masing-masing. Hal ini untuk memutus rantai penyebaran covid-19.

Takbiran di rumah memungkinkan tiap muslim beribadah sambil tetap melakukan jaga jarak. Menjauhi kerumunan menjadi cara yang sangat efektif mencegah dan menurunkan jumlah kasus COVID-19, selain selalu meneraopkan pola hidup bersih dan sehat.

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan saat takbiran dirumah:

BACA JUGA: Sederet Kebiasaan Baik yang Tumbuh Saat Pandemi

1. Memasak Bersama

Nah saat momen takbiran di rumah kamu bisa memasak hidangan khas Lebaran untuk dinikmati bersama keluarga inti di rumah. Misalnya saja dengan membuat ketupat dan makanan khas Lebaran di malam takbiran.

Kamu bisa mengajak anak membuat ketupat juga bisa melatih kreativitasnya. Pastikan saja pembagian tugasnya jelas dan aman untuk dikerjakan si kecil.

BACA JUGA: Masa Pandemi Kamu Masih Ngotot Beli Baju Lebaran? Mikir! 

2. Menata Ruang Tamu

Kamu juga bisa mengajak anak menata ruang tamu untuk mengisi kegiatan di momen takbiran. Kamu bisa mengajak si kecil untuk membantu membersihkan ruang tamu terlebih dahulu.

Misalnya saja, mengelap meja, mengganti sarung bantal, menata kue lebaran untuk ditaruh di ruang tamu, dan sebagainya

Mengajak anak membersihkan rumah punya segudang manfaat. Kamu telah mengajarkannya untuk tidak bergantung pada orang lain. Terutama pada situasi di mana asisten rumah tangga atau saudaranya tidak dapat membantu.

Setelah rumah berih, kamu bisa menghias ruang tamu dengan pernak-pernik Lebaran agar suasana Idul Fitri semakin terasa. jangan lupa mengajak si anak berdiskusi dalam menentukan dekorasi di rumah, sehingga ia merasa terlibat dan dihargai.

BACA JUGA: Jangan Ada Petasan di Malam Takbiran 

3. Takbiran Virtual

Bila si kecil ingin takbiran bersama teman-teman atau sanak saudaranya, kamu bisa memanfaatkan teknologi agar si kecil bisa takbiran virtual.

Misalnya saja dengan memanfaatkan teknologi Googe Meeting, dan video call via Whatsapp.

Selain itu, momen takbiran virtual ini juga bisa jadi ajang silaturahmi dengan keluarga, meski tidak bisa bertatap muka secara langsung.  (Sbg/Rig)

Comments