Marsekal TNI Hadi Tjahjanto diusulkan oleh Presiden Jokowi untuk menjadi Panglima TNI (Foto: Instagram ben_drian @mylesat.com)

Sabigaju.com – Nama Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mencuat setelah beberapa waktu lalu menjadi calon kuat orang nomor satu di tubuh TNI.

Hadi Tjahjanto, resmi diusulkan Presiden Joko Widodo ke DPR untuk menjadi pengganti Jenderal TNI Gatot Nurmantyo yang segera memasuki masa pensiun.

Hari ini calon Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto pun bakal menjalani uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test pukul 10.00 WIB dengan Komisi I DPR -RI.

Hadi Tjahjanto Hobi Basket

Sejumlah awak media belum lama ini menemui orang tua Hadi Tjahjanto di kediamanny yang terletak di Kelurahan Tamanharjo No 70, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang untuk menanyakan perihal rencana pengangkatan Hadi menjadi Pangalima TNI.

Kepada awak media yang menemuinya, Bambang Sudarto,(83), ayah Hadi Tjahjanto, sempat menceritakan seputar masa kecil Hadi.

Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (Foto Instagram ben_drian)
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (Foto Instagram ben_drian)

Menurut Bambang, sejak kecil, Hadi bersama keempat adiknya, yakni Artiningsih Tjahjanti, Budi Tjahjono, Wahyu Tjahjadi, dan Eni Tjahjani dididik dalam keluarga prajurit TNI AU yang sederhana.

Satu hal yang menarik, Bambang Sudarto sempat menyebut kalau Hadi Tjahyanto adalah orang yang gemar akan olahraga bola basket. Ditambahkan pula olehnya yang mengatakan bahwa putranya lebih banyak menghabiskan waktu untuk belajar di rumah dan sangat penurut terhadap orang tuanya.

“Anaknya sangat pendiam. Lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Dia juga sangat menurut kepada orang tua. Kalau hobinya dari dahulu olah raga basket,” ujar Bambang.

Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (Foto Instagram ilhamargadinata)

Anak Rumahan yang Punya Banyak Teman

Meski dikenal sebagai anak rumahan, Hadi di kenal banyak memiliki teman sejak muda. Hal ini tidak lepas dari anjuran orang tuanya, yang tidak melarangnya bermain ataupun berkawan dengan siapa saja. Namun, orang tuanya selalu menasihati agar dia tidak terjerumus kenakalan seperti teman-temannya yang lain.

”Kalau ada temannya yang sudah mengajak ke hal negatif, dia akan pamit pulang dengan alasan takut dimarahi bapaknya,” ungkap Bambang Sudarto.

Hadi pun sangat menurut dengan ibunya. Apabila sang ibu sudah memberikan wejangan, pastilah Hadi tidak akan berani membantah, atau berkata apapun. Hadi akan lebih banyak diam dan mengikuti saran ibunya. Hadi juga anak yang sangat sederhana dan penyayang kepada adik-adiknya.

Dongeng Malin Kundang

Sisi lain yang diungkap oleh Bambang Sudarto tentang Hadi Tjahyanto adalah adalah di masa belia Hadi kerap didongengkan sebelum tidur.

“Dulu kan tidak ada televisi, jadi hiburannya ya dongeng,” ujar ayah Hadi Tjahjanto kepada awak media.

Dongeng yang diceritakan Bambang mulai dari fabel (cerita binatang), kisah zaman kerajaan, keagamaan, hingga cerita legenda dari masing-masing daerah di Indonesia. Biasanya dongeng itu diceritakan saat menjelang tidur atau ketika senggang. Kala itu semua anaknya sudah berkumpul.

Salah satu dongeng favorit yang diceritakan Bambang kepada Hadi, yakni cerita Malin Kundang dari tanah Minangkabau. Dongeng itu hingga kini sering menjadi bahan lelucon bagi Hadi saat pulang kampung ke Singosari. Bahkan Hadi kerap bertanya apakah dia seperti Malin Kundang atau tidak.

“Sering tanya kepada ibunya (Nur Sa’adah) kalau pulang, ‘Bu, aku enggak kayak Malin Kundang kan’. Sering tanya seperti itu, ingin memastikan bahwa dia tidak durhaka kepada kami. Tentu saja kami jawab, ya enggak sama kayak Malin,” papar Bambang Sudarto.

Gemar Olahraga Tinju

Marsekal TNI Hadi Tjahjanto Saat memberikan sambutan saat pertandingan tinju antara Semli Mau melawan petinju Thailand, Manot Comput (Foto: Instagram _tucano_mau)

Hadi Tjahjanto juga dikenal sebagai sosok yang memiliki perhatian khusus pada olahraga tinju. Pada bulan April lalu, Hadi menghadiri pertandingan tinju perebutan sabuk kelas bulu yunior WBC Silver Asia Pasifik di Puri Ardhya Garini, Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur.

Sebelum pertandingan, Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan pihaknya memberikan perhatian khusus terhadap pengembangan olahraga tinju. Dan, dia berharap dari Sasana Dirgantara yang tersebar di beberapa Lanud muncul bibit petinju potensial yang mampu berprestasi di tingkat nasional dan internasional.

“Meskipun tinju termasuk olahraga keras, tetapi banyak prajurit TNI AU yang menggeluti tinju, dan bahkan beberapa diantaranya menjadi juara, baik tingkat nasional maupun internasional. Ini menjadi indikasi keberhasilan pembinaan prajurit kita, khususnya aspek olahraga tinju,” ujar Hadi kala itu. (Sbg/Rig)

Comments