Para punggawa The Gunners nampak tertunduk lesu usai menghadapi Swansea di Stadion Liberty. Arsenal kalah 3-1 dalam laga tersebut. (Foto: Instagram arsenal)
Para punggawa The Gunners nampak tertunduk lesu usai menghadapi Swansea di Stadion Liberty. Arsenal kalah 3-1 dalam laga tersebut. (Foto: Instagram arsenal)

Sabigaju.comArsenal harus menunduk sedih saat pulang dari lawatannya ke markas Swansea City dalam lanjutan Premier League, Rabu (31/1) dini hari WIB. The Gunners dipaksa menyerah 1-3 di tangan  Swansea.

Pada pertandingan di Stadion Liberty itu, The Gunners sempat unggul lewat gol Nacho Monreal pada menit ke-33. Namun, tuan rumah langsung bangkit dan membalas lewat gol Sam Clucas (34′, 86) dan Jordan Ayew (61′).

Akibat kekalahan ini, Arsenal kian terbenam dan belum beranjak dari peringkat enam dengan 42 poin dari 25 pertandingan. Sementara itu, Swansea yang di pekan sebelumnya juga mengalahkan Liverpool mulai beranjak dari posisi juru kunci dan keluar dari zona degradasi dengan 23 poin.

Swansea Tampil Agresif

Sejak peluit babak pertama ditiup wasit di Stadion Liberty, Swansea tampil agresif. Mereka lebih banyak menekan. Peluang pun didapat Swansea di menit ke-delapan. Namun, umpan yang dilepaskan Nathan Dyer dari sisi kanan diblok oleh Aaron Ramsey sebelum diteruskan Alfie Mawson yang ada di tiang jauh.

Ki Sung-Yeung mencoba peruntungannya dengan melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Tapi tendangannya masih menyamping dari gawang Arsenal.

Serangan yang dilancarkan Swansea lagi-lagi mengancam pertahanan Arsenal. Beruntung bagi Arsenal, kali ini Mohamed Elneny memotong umpan dari Van der Hoorn.

Arsenal justru mampu membuka keunggulan di menit ke-33. Mesut Oezil melepaskan umpan yang dituntaskan dengan sempurna oleh Nacho Monreal.

Tapi keunggulan Arsenal tak bertahan lama. Semenit kemudian, Swansea balas membobol gawang Arsenal. Oezil yang berada di bawah tekanan Martin Olsson kemudian justru memberikan bola kepada Alfie Mawson.

Mawson kemudian menyodorkan bola kepada Sam Clucas yang menuntaskan serangan tersebut dengan menaklukkan Petr Cech. Kedudukan imbang 1-1.

Debut Mkhitaryan Kenakan Seragam The Gunners

Memasuki babak kedua, Henrikh Mkhitaryan masuk menggantikan Mohamed Elneny. Namun, berselang satu menit, The Gunners justru tertinggal pada menit ke-61.

Cech melakukan blunder fatal yang berujung gol untuk Swansea. Kiper asal Republik Ceko tersebut bermaksud melakukan lemparan jauh, tetapi bola justru mengenai kaki Ayew yang berada di kotak penalti. Ayew tak menyia-nyiakan peluang dan melepas tembakan jarak dekat. Skor 2-1 untuk The Swans.

Henrikh Mkhitaryan nyaris membuat gol perdananya untuk Arsenal. Apes bagi pemain asal Armenia itu, dia lebih dulu offside sebelum mengeksekusi umpan Mesut Oezil di kotak penalti melalui tandukan.

Tertinggal, Arsenal terus mengurung pertahanan Swansea. Tapi tim tuan rumah bertahan dengan solid untuk meredam serangan-serangan Arsenal.

Pada menit ke-86 lagi-lagi dua pencetak gol Swansea, Sam Clucas dan Jordan Ayew, kembali menjadi mimpi buruk Arsenal. Memanfaatkan kesalahan Monreal, Ayew melakukan penetrasi dari sisi kanan dan mampu melepaskan diri dari kawalan bek Arsenal, Shkodran Mustafi

Ayew menggiring bola, untuk mengirim umpan di kotak penalti Arsenal. Bola yang dilepaskan Ayew langsung disambar oleh Sam Clucas tanpa terhadang oleh Cech maupun bek Arsenal yang lain dan langsung untuk merobek gawang Arsenal.

Hingga peluit akhir pertandingan ditiup wasit,  skor keunggulan 3-1 menjadi milik tuan rumah Swansea. (Sbg/Rig)

Comments