Gumshoe
Gumshoe merupakan sepatu pertama yang menggunakan bahan dasar untuk solnya dari permen karet bekas yang didaur ulang. (Foto: thegumaddict/Instagram)

Sabigaju.com – Mengunyah permen karet adalah kegiatan yang biasa dilakukan semua kalangan, dari anak-anak sampai orang tua. Sebab selain karena iseng, mengunyah permen karet ternyata bisa memberi banyak manfaat seperti meningkatkan konsentrasi, melawan stres, mencegah mual sampai membantu terapi berhenti merokok.

Sayangnya, yang sering terlupakan adalah konsekuensi dari konsumsi permen karet tersebut. Yakni sampah dari permen karet yang tersisa ketika orang meludahkannya.

Di Amsterdam sendiri, jalan-jalan dipenuhi dengan lebih dari 3 juta pon sampah permen karet, dan itu biaya pembersihannya memakan uang jutaan dolar setiap tahun.

BACA JUGA: Mengunyah Permen Karet Dapat Bantu Turunkan Berat Badan?

Tak heran, kalau sampah permen karet jadi permasalahan tersendiri bagi pemerintah kota Amsterdam.

Untuk itu, organisasi pemasaran I Amsterdam, disainer Explicit Wear, dan perusahaan terkemuka Gumdrop, berkolaborasi untuk mendesain sepatu dari bahan dasar sampah permen karet yang didaur ulang.

View this post on Instagram

#gumshoe #gum #recycledchewinggum

A post shared by GumShoe Amsterdam (@gumshoeamsterdam) on

Disebut Gumshoe, sol sepatu ini terbuat dari bahan daur ulang bernama Gum-Tec yang diproduksi oleh Gumdrop, dan sebanyak 20% dari komponen Gum-Tec itu terbuat dari sampah permen karet.

Sebagai informasi, tiap sepasang sepatu yang dibuat memerlukan sampah permen karet kurang lebih 1 kg.

BACA JUGA: Adidas Gunakan Bahan Sampah Plastik di Lautan Mulai 2024

Gumshoe diklaim sebagai sneakers pertama di dunia yang terbuat dari bahan permen karet. Tapi, permen karet hanya digunakan untuk bagian sol, sementara lainnya tetap dibuat dari bahan kulit asli.

Sepatu permen karet ini sudah mulai dijual sejak bulan Juni. Kalau kamu berminat, kamu bisa memilih salah satu dari tiga opsi yang tersedia yakni pink, hitam, dan merah. Harganya 190 euro atau sekitar Rp3,3 juta.

Gimana, Sobat Sabi? Berminat membeli sepatu dari bahan limbah permen karet bekas tersebut? (Sbg/Fit)

Comments