Nama Gubernur Jambi, Zumi Zola mencuat dan menjadi trending topic di jagat Twitter Indonesia pada Kamis (1/2) siang. (Foto Instagram kantizumizola)
Nama Gubernur Jambi, Zumi Zola mencuat dan menjadi trending topic di jagat Twitter Indonesia pada Kamis (1/2) siang. (Foto Instagram kantizumizola)

Sabigaju.com – Secara mengejutkan nama Gubernur Jambi, Zumi Zola menjadi trending topic di jagat Twitter Indonesia.

Mantan pesinetron yang dilantik menjadi Gubernur Jambi pada 12 Februari 2016 lalu, terseret kasus dugaan suap pengesahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Jambi tahun anggaran 2018.

Meski begitu banyak netizen yang tak percaya gubernur tak mengetahui apa yang dilakukan bawahannya apalagi ini terkait RAPBD 2018 yang telah selesai dibahas bersama DPRD Provinsi Jambi.

Namun, tak sedikit yang masih percaya dengan Zumi Zola. Mereka percaya Gubernur Jambi itu tidak terlibat pada kasus tersebut.

Status Tersangka Pada Gubernur Jambi Zumi Zola

Zola sendiri telah menjalani pemeriksaan pertama pada tanggal 5 Januari 2017 lalu. Namun ia mengaku tidak tahu sama sekali perihal adanya tindakan suap terkait pembahasan APBD pada DRPD.

Selang dua pekan, Zumi Zola kemudian diperiksa kembali oleh KPK pada tanggal 22 Januari 2018 lalu selama tujuh jam. KPK pun menemukan perkembangan terbaru dari pemeriksaan tersebut. Dugaan kuat, kasus suap ini juga melibatkan pihak lain di luar mereka yang telah ditetapkan sebagai tersangka.

Zumi Zola kini dilarang untuk berpegian ke luar negeri selama 6 bulan ke depan. (Foto: Instagram zumizola_corner)
Zumi Zola kini dilarang untuk berpegian ke luar negeri selama 6 bulan ke depan. (Foto: Instagram zumizola_corner)

Walaupun KPK masih belum menyatakan status tersangka kepada Zumi Zola, namun status itu nyatanya telah dinyatakan dalam surat pencegahan keluar negeri terhadap Zumi Zola yang dilayangkan KPK kepada Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Polisi Temukan Brankas Uang Saat Penggeledahan

Dalam kasus korupsi APBD Jambi ini, keterlibatan Zumi Zola selaku Gubernur Jambi diduga cukup kuat. Pada Rabu (31/1/2018), KPK melakukan penggeledahan di rumah dinas Zumi Zola.

Tak hanya itu, KPK berhasil menemukan tiga brankas berisi uang yang diduga berkaitan dengan kasus korupsi yang melibatkan Gubernur Jambi, Zumi Zola, Kamis (1/2) dini hari. Tiga brankas tersebut ditemukan di vila milik keluarga Zola

Dua brankas berisi uang ditemukan lantai dua dan satu brankas di lantai dasar rumah peristirahatan yang berada di area perkebunan sawit milik keluarga besar Zola yang terletak di di Kelurahan Rano, Muarasabak Barat, Kabupaten Tanjung Jabung Timur. (Sbg?Rig)

Comments