belum siap menikah
Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan menjelaskan situasi dimana kamu belum siap menikah. (Foto: Pixabay

Sabigaju.com – Bukan nakut-nakutin nih, Sob., untuk menikah butuh komitmen yang kuat. Kalau kamu masih suka main sana-sini, masih suka mengikuti ego sendiri, artinya kamu belum siap menikah.

Pernikahan itu bukan perkara satu atau dua tahun, tapi selamanya. Kebayang dong, hidup serumah sampai kakek-nenek. Kalau setahun dua tahun aja kamu masih suka berantem, bagaimana dengan berpuluh-puluh tahun?

It’s okay. Kamu tidak sendiri. Faktanya, banyak pria di luar sana yang masih merasa belum siap menikah meski ia punya pasangan, bahkan sudah bertahun-tahun pacaran! Masalahnya, gimana nih cara ngomong ke pasangan? Apalagi dia udah banyak kode-kode soal pernikahan.

Hm, begini cara bilang ke dia kalau kamu belum siap menikah.

BACA JUGA: Berencana Menikah Muda? Ini yang Harus Kamu Pertimbangkan

1. Cari Kebebasan dalam Hubungan

Dimulai dari kamu meminta kepada pasangan, bahwa kamu butuh kebebasan untuk diri sendiri. Ini memang tanda bahwa kamu belum siap berkomitmen. Kamu takut kehilangan kehidupan kamu sebagai laki-laki single.

Minta kepadanya untuk bebas bermain dan berteman pada siapa saja. Asal ingat ya, jaga kepercayaan dia jika dia memberi kebebasan tersebut. Biasanya nih, kalau kamu meminta hal ini, mereka akan sadar bahwa memang kamu belum punya komitmen apa-apa.

BACA JUGA: Faktor Ini yang Dipikirkan Pria Sebelum Memutuskan Menikah

2. Jujur Bahwa Kamu Butuh Space

Jika kamu bedlum siap menikah, kamu harus mengkomunikasikan bahwa kamu butuh jarak dengannya. Bukan hanya secara fisik, tapi juga soal hubungan kalian.

Kamu harus menjelaskan bahwa kamu butuh ada sedikit ruang untuk benar-benar memikirkan soal komitmen. Tapi ini bukan berarti kamu melarikan diri ya!

Selain itu, tegaskan pula berapa lama kamu membutuhkan ruang untuk sendiri. Perempuan enggak suka digantung ya, bos! Kalau kamu enggak berani berkomitmen soal pernikahan, setidaknya berkomitmenlah untuk jujur dan menepati janji soal poin ini.

BACA JUGA: Cara Cerdas Mengungkapkan Perasaan Kepada Cewek Gebetanmu

3. Jelaskan Perasaan Kamu

Yes, lagi-lagi komunikasi. Kalau kamu belum siap menikah maka kamu butuh menjelaskan perasaan kamu dan apa yang kamu pikirkan kepada dia. Jelaskan dengan baik, ibarat kamu curhat terhadap teman baik kamu.

Memang sih, poin ini cukup sulit untuk banyak pria. Kebanyakan dari kita masih gengsi untuk menyatakan perasaan dan dewasa secara emosional. Tapi, ini harus dilakukan ya Sob!

BACA JUGA: Stop PHP: Ini Tanda Jika Kamu Hanya Ingin Berteman

4. Minta Pendapat Orang Terdekat

Ini enggak kalah pentingnya. Kadang, orang lebih tepat menilai di saat kamu justru sedang bingung dengan hidupmu sendiri.

Kalau kamu belum siap menikah maka minta pendapat dari orang terdekat. Apakah dia orang yang tepat buatmu? Jika memang tidak, bagaimana sebaiknya kamu harus bersikap.

Tapi ingat, suara hati kamu adalah yang paling benar. Pendapat orang ini cukup sebagai bahan pertimbangan aja. Setidaknya kamu punya indikator bahwa kamu tidak salah dalam bertindak.

Menikah Memang keputusan yang sulit, tapi cepat atau lambat biasanya kamu akan bisa memutuskannya. Biasanya komitmen ini datang kalau kamu sudah menemukan orang yang tepat. So, let it flow~ (Sbg/Dinda)

Comments