Sabigaju.com – Sepertinya kemacetan yang menggila menjadi trend di berbagai kota besar dunia. Selain membuat banyak kerugian dari sisi ekonomi ternyata juga memiliki efek terhadap kesehatan jiwa.

Maka umpatan kata kata kotor ataupun teriakan bak yel –yel yang menyeret berbagai jenis binatang pun kerap terlontar dari mulut kita saat terjebak dari situasi kemacetan. Belum cukup dengan dua hal tadi, raut wajah mirip gladiator kerap kita tampilkan sambil memegang kemudi kendaraan ditengah kemacetan.

Jika anda pernah melakukan prilaku "orang gila" saat terjebak dalam kondisi macet, baiknya segera dihentikan sebab hal itu pemicu dari gangguan mental anda di kemudian hari.

Seperti dilansir Daily mail, belum lama ini sebuah studi yang dilakukan dengan menggunakan data dari dua survei nasional sebuah tim yang di pimpin Susan Charles, seorang psikolog dan pengamat perilaku sosial melakukan studi antara kaitan prilaku dan sikap kita saat menghadapi kemacetan dengan kesehatan jiwa kita di masa depan.

Rasa kesal atau stress yang timbul pada diri seseorang saat terjebak kemacetan atau hal lain seperti pertengkaran dengan pasangan, konflik di tempat kerja, terlalu lama mengantri ternyata berpotensi menyebabkan gangguan kejiwaan dan mental dalam kurun 10 tahun kemudian.

Dari hasil penelitian yang kemudian dipublikasikan dalam Jurnal Psychological Science itu, Charles menyimpulkan bahwa prilaku dan cara seseorang dalam mengendalikan emosinya setiap hari bisa mempengaruhi mental secara keseluruhan di waktu mendatang.

"Mengubah cara pandang Anda dalam merespons situasi yang penuh tekanan serta memandang sebuah situasi sama pentingnya dengan menjaga pola makan sehat dan berolahraga secara rutin," ujar psikolog tersebut.

Charles menambahkan bahwa masih banyak orang yang tidak melihat masalah kesehatan mental itu secara menyeluruh, hingga berujung dengan masalah yang membutuhkan penanganan serius dari kalangan profesional.

So,daripada marah-marah atau berlaga seperti orang gila lebih baik tetap tenang dan kepala dingin saat menghadapi kemacetan agar anda tidak gila di kemudian hari.(sbg/rig)

Comments