Sabigaju.com – Bahasa tubuh (gesture/body language) adalah salah satu bentuk respon komunikasi yang terjadi secara bawah sadar (subconsciouss).

Body Language itu sendiri dikatakan memenuhi kuota komunikasi sebanyak 55%. Hal ini berdasarkan studi yang dilakukan oleh seorang pencipta buku “the art of silent message” Albert Mehrabian pada tahun 1971 .

Kesimpulan penelitian ini mengatakan bahwa kata-kata mewakili 7% , intonasi mendapat 38% pesan serta body language dan facial expression mencapai sebesar 55%. Jadi untuk memaksimalkan penyampaian pesan yang baik kamu perlu menggunakan kombinasi dari ketiga elemen komunikasi tersebut.

Hal itu dilakukan untuk menghindari dari kemungkinan salah paham yang berujung kepada gerutu, kesal, mispersepsi, atau dalam skala eskalasi lebih besar yaitu konflik.

Ketika sedang berinteraksi, seorang laki-laki atau perempuan mereka seringkali tidak sadar telah mengekspresikan body language alam bawah sadar yang berujung pada membuat ilfil (turn off).

Kamu semua tentu tidak mau hal ini terjadi bukan?

Gesture yang Perlu Diperhatikan

Ada baiknya setiap laki-laki atau perempuan bisa mengidentifikasi ekspresi bahasa tubuh yang seperti apa sajakah yang perlu untuk diketahui dan dipersiapkan agar bisa berhasil mendekati si dia. Berikut adalah beberapa list Body Language yang perlu kalian perhatikan untuk dihindari;

1. Terlalu banyak Menyilangkan Tangan

Sumber: https://www.timesofmalta.com/

Menyilangkan tangan adalah bahasa tubuh yang bisa diartikan kalau kamu tidak suka atau tidak siap untuk berinteraksi dengan dia.

Kalau kamu terlalu sering menyilangkan tangan artinya kamu tidak mau terbuka dalam komunikasi dengan dia. Tentu ini adalah gesture yang perlu dihindari mengingat komunikasi adalah salah satu elemen paling vital dalam setiap hubungan.

2. Lebih Banyak Bermain Gadget

Sumber: https://www.beckercounseling.com/

Meskipun kamu memang sedang harus reply chat penting terkait pekerjaan kantor atau apapun, dengan terlihat terlalu sering bermain gadget sebenarnya merupakan gesture yang harus dihindari.

Dengan terlalu sering bermain gadget, akan menimbulkan persepsi bagi pasangan bahwa kamu sebenarnya disinterested padanya. Tentu ini adalah hal yang perlu kamu ingat-ingat apalagi kalau kamu memang juga tertarik dengan dia.

3. Kontak Mata

Sumber: https://www.zoosk.com/

Komunikasi dengan menggunakan kontak mata adalah salah satu bentuk komunikasi non verbal yang penting. Kontak mata dikatakan penting karena mata adalah jendela bagi jiwa adalah sesuatu yang akurat untuk dideskripsikan yang mana suatu arti terdapat pada di balik mata.

Pastikan kamu bisa menggunakan ritme tatapan mata kamu dengan baik dan seimbang.

Tatap mata dia secara konstan tapi jangan terus-terusan karena bisa dikira intimidatif. Sedangkan kalau kamu jarang menatap matanya, apalagi dengan membuang pandangan bisa juga diartikan bahwa dia tidak merasa dihormati oleh kamu.

4. Terlalu Sering Melihat Jam 

Sumber: https://www.zoosk.com/

Mungkin maksud kamu adalah cuma untuk mengetahui ketepatan waktu untuk kegiatan selanjutnya. Namun dengan terlalu sering melihat kepada jam merupakan suatu hal yang perlu dihindarkan.

Gesture ini bisa menunjukkan bahwa kamu tidak nyaman bersamanya dan ingin segera mengakhiri pertemuan dengan si dia, dan bisa menimbulkan salah persepsi baginya. (Sbg/Ary)

Comments