Gen
Menurut sebuah hasil penelitian ada kemungkinan gen ayah mampu menentukan jenis kelamin anak (Foto: Pexels)

Sabigaju.com – Gen rupanya memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia.

Gen sendiri terdiri dari dua bagian, yang seringkali dikenal dengan sebutan alel, diwarisi dari masing-masing orang tua.

Tapi, tahukah kamu bahwa kemungkinan gen ayah akan mampu menentukan jenis kelamin anak?

BACA JUGA: Yuk Ajari Anak Toleransi Mulai dari Sekarang!

Pria dengan Banyak Saudara Laki-laki Memiliki Anak Laki-laki

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Ilmuwan Corry Gellatly, pria yang memiliki banyak saudara laki-laki akan cenderung memiliki banyak anak laki-laki.

Begitu pula sebaliknya dimana pria yang memiliki banyak saudara perempuan akan memiliki banyak anak perempuan.

Penelitian ini dilakukan oleh para peneliti dari Universitas Newcastle. Pria akan mewariskan kecenderungan memiliki anak laki-laki atau perempuan dari orang tua mereka.

Penelitian tersebut melibatkan banyak responden yang berasal dari ribuan keluarga dengan tujuan untuk dapat membantu para calon orang tua dalam menentukan apakah mereka memiliki anak laki-laki atau perempuan.

BACA JUGA: Begini Peran Penting Ayah dalam Membesarkan Anak

Melibatkan 927 Pohon Keluarga

Penelitian ini bersifat tidak tanggung-tanggung. Dengan melibatkan 927 pohon keluarga yang berisi informasi lebih dari 500.000 orang dari Amerika Utara dan Eropa sejak tahun 1600, diharapkan dapat memberikan pengetahuan mengenai korelasi antara latar belakang keluarga dengan penentuan jenis kelamin keturunan selanjutnya.

“Studi pohon keluarga atau family tree ini akan menunjukkan apakah seorang pria akan memiliki anak perempuan atau laki-laki. Hasilnya, pria akan cenderung memiliki anak laki-laki jika memiliki lebih banyak saudara laki-laki,” kata Gellatly, “Namun sayangnya, hal ini tidak dapat diprediksi dari sisi wanita.”

BACA JUGA: Ketika Pria Harus Membesarkan Anak Secara Single Parent 

Mendapatkan Anak Laki-laki atau Perempuan

Gen terdiri dari dua bagian, dikenal pula sebagai alel. Kemungkinan, pria dapat membawa dua jenis alel berbeda sehingga menghasilkan tiga kombinasi: menghasilkan lebih banyak sperma Y (memiliki banyak anak laki-laki), menghasilkan sama banyak sperma X dan Y (anak laki-laki dan perempuan sama banyaknya) dan menghasilkan banyak sperma X (memiliki banyak anak perempuan).

Gen yang diturunkan kedua orang tua akan menyebabkan sebagian pria memiliki banyak anak laki-laki dan sebagian lainnya memiliki banyak anak perempuan.

Jika ada terlalu banyak laki-laki dalam suatu populasi, tentu wanita akan lebih mudah mendapatkan pasangan begitu pula dengan sebaliknya. Jadi, sobat sabi, sudahkah kamu dapat memprediksi jenis kelamin anakmu kelak? (Sbg/Vania)

Comments